Cara Memilih Judul Skripsi

Cara Memilih Judul Skripsi
Cara Memilih Judul Skripsi

Cara Memilih Judul Skripsi

Pengertian Judul Skripsi

Judul skripsi merupakan identitas dari penulisan skripsi yang akan kita tulis. Dalam memilih judul skripsi, kita perlu memperhatikan beberapa hal agar judul skripsi yang kita pilih sesuai dengan minat dan kemampuan kita dalam menulis skripsi. Berikut ini adalah cara memilih judul skripsi yang tepat.

Menentukan Bidang atau Topik Skripsi

Langkah pertama dalam memilih judul skripsi adalah menentukan bidang atau topik skripsi yang ingin kita tulis. Hal ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi minat dan kemampuan kita dalam suatu bidang ilmu.

Cara Memilih Judul Skripsi

Contoh Link Outbound

Jika kita kesulitan dalam menentukan bidang atau topik skripsi, kita dapat mencari referensi dari sumber luar seperti jurnal ilmiah atau artikel di internet. Salah satu contoh sumber yang dapat kita gunakan adalah Science Direct.

Mengkaji Ketersediaan Data atau Literatur

Setelah menentukan bidang atau topik skripsi, langkah selanjutnya adalah mengkaji ketersediaan data atau literatur yang berkaitan dengan topik skripsi yang kita pilih. Hal ini penting dilakukan agar kita dapat menulis skripsi dengan mudah dan tidak mengalami kesulitan dalam mencari referensi.

Menentukan Tujuan Penulisan Skripsi

Selain menentukan bidang atau topik skripsi, kita juga perlu menentukan tujuan penulisan skripsi. Tujuan penulisan skripsi dapat berupa penyelesaian masalah atau pembahasan suatu teori dalam bidang ilmu tertentu.

Baca juga :  Daftar Pustaka Untuk Skripsi

Menghindari Judul Skripsi yang Terlalu Umum atau Luas

Ketika memilih judul skripsi, kita perlu menghindari judul skripsi yang terlalu umum atau luas. Hal ini akan menyulitkan kita dalam menulis skripsi karena topik yang terlalu umum atau luas tidak dapat dijelaskan secara rinci dan mendetail.

Menghindari Judul Skripsi yang Terlalu Spesifik

Selain menghindari judul skripsi yang terlalu umum atau luas, kita juga perlu menghindari judul skripsi yang terlalu spesifik. Hal ini akan membuat kita sulit dalam mencari referensi dan data yang dibutuhkan dalam penulisan skripsi.

Menghindari Judul Skripsi yang Sulit untuk Dibuktikan

Judul skripsi yang sulit untuk dibuktikan juga perlu dihindari. Hal ini akan membuat kita mengalami kesulitan dalam menulis skripsi karena sulitnya mencari data atau literatur yang mendukung judul skripsi yang kita pilih.

Menghindari Judul Skripsi dengan Kesamaan Tema atau Masalah

Ketika memilih judul skripsi, kita perlu menghindari judul skripsi yang memiliki kesamaan tema atau masalah dengan skripsi lain yang sudah pernah ditulis. Hal ini akan membuat skripsi kita kurang orisinal dan memiliki nilai yang rendah di mata dosen.

Meninjau Kembali Judul Skripsi

Setelah memilih judul skripsi, kita perlu meninjau kembali judul skripsi yang kita pilih. Hal ini penting dilakukan agar kita dapat memastikan bahwa judul skripsi yang kita pilih sesuai dengan minat dan kemampuan kita dalam menulis skripsi.

Contoh Link Inbound

Jika kita kesulitan dalam meninjau kembali judul skripsi, kita dapat mencari referensi dari sumber luar seperti blog atau website yang membahas tentang cara memilih judul skripsi. Salah satu contoh sumber yang dapat kita gunakan adalah Zona Topup.

Kesimpulan

Dalam memilih judul skripsi, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti menentukan bidang atau topik skripsi, mengkaji ketersediaan data atau literatur, menentukan tujuan penulisan skripsi, menghindari judul skripsi yang terlalu umum atau luas, menghindari judul skripsi yang terlalu spesifik, menghindari judul skripsi yang sulit untuk dibuktikan, dan menghindari judul skripsi dengan kesamaan tema atau masalah. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita dapat memilih judul skripsi yang tepat dan memudahkan dalam penulisan skripsi.

  • Memilih bidang atau topik skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita
  • Mengkaji ketersediaan data atau literatur terkait topik skripsi
  • Menentukan tujuan penulisan skripsi
  • Menghindari judul skripsi yang terlalu umum atau luas
  • Menghindari judul skripsi yang terlalu spesifik
  • Menghindari judul skripsi yang sulit untuk dibuktikan
  • Menghindari judul skripsi dengan kesamaan tema atau masalah
  • Meninjau kembali judul skripsi yang sudah dipilih
Baca juga :  Soal Sebab Akibat Sejarah Kelas 10: Cara Berpikir Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *