Cara Efektif Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Cara Efektif Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan Dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Pengantar

Menjadi karyawan di perusahaan idaman tentu menjadi impian banyak orang. Namun, untuk bisa diterima di perusahaan tersebut, kamu harus melalui tahap seleksi yang dimulai dari mengirimkan surat lamaran kerja. Meski sekarang sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem pengiriman lamaran lewat email, namun tetap saja surat lamaran tulis tangan memiliki nilai lebih bagi sebagian perusahaan. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang efektif dan mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

1. Ketahui Informasi Perusahaan

Sebelum mulai menulis surat lamaran, pastikan kamu sudah mengetahui informasi lengkap mengenai perusahaan yang kamu lamar. Mulai dari profil perusahaan, visi dan misi, hingga posisi yang kamu lamar. Informasi yang cukup lengkap akan membantumu menyesuaikan bahasa dan tata cara penulisan surat lamaran sesuai dengan perusahaan yang kamu lamar.

2. Ketahui Siapa yang akan Menerima Lamaranmu

Setelah mengetahui informasi perusahaan, carilah informasi mengenai siapa yang akan menerima lamaranmu. Hal ini akan membantumu menentukan penulisan surat lamaran agar lebih spesifik dan personal. Kamu bisa mencari informasi ini melalui website perusahaan atau melalui sumber lain.

Cara Efektif Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

3. Tulis Identitas Diri dengan Jelas

Sebelum memulai isi surat lamaran, pastikan kamu mencantumkan identitas diri dengan jelas. Tuliskan nama, alamat, nomor telepon, dan email dengan rapi dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal penulisan surat lamaran.

Baca juga :  Surat Lamaran Perpanjang Kontrak Kerja: Panduan Lengkap Untuk Para Pekerja Di Tahun 2023

4. Awali dengan Kalimat Pembuka yang Menarik

Pembukaan surat lamaran kerja tulis tangan harus menarik dan mampu memancing perhatian pembaca. Mulailah dengan kalimat sapaan yang baik dan sopan, lalu lanjutkan dengan kalimat pembuka yang menarik. Misalnya, kamu bisa memulai dengan mengenalkan diri dan menyatakan minatmu untuk bergabung di perusahaan tersebut.

5. Jelaskan Alasan Kamu Melamar Pekerjaan di Perusahaan Tersebut

Selanjutnya, jelaskan alasanmu mengapa memilih perusahaan tersebut dan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk menyebutkan kelebihanmu yang bisa berguna untuk perusahaan tersebut. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menonjolkan diri.

6. Jelaskan Pengalaman Kerjamu dan Keahlian yang Dimiliki

Setelah menjelaskan alasanmu melamar pekerjaan, lanjutkan dengan menguraikan pengalaman kerjamu dan keahlian yang dimiliki. Sebutkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, serta keahlian yang bisa berguna untuk perusahaan.

7. Sampaikan Harapanmu

Di bagian akhir surat lamaran, sampaikan harapanmu untuk bisa bergabung di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menyatakan siap mengikuti proses seleksi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Sebelum menutup surat, tuliskan salam penutup yang sopan dan baik.

8. Periksa Kembali Surat Lamaranmu

Sebelum mengirimkan surat lamaran, pastikan kamu sudah memeriksa kembali surat lamaranmu. Periksa kembali kesalahan penulisan, ejaan, dan tata bahasa. Ajak teman atau keluarga untuk membantu memeriksa surat lamaranmu agar tidak terlewatkan kesalahan penulisan.

9. Kirim Lamaranmu Sesuai Prosedur yang Ditentukan

Setelah yakin surat lamaranmu sudah benar dan sesuai, kirim lamaranmu sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh perusahaan. Jangan lupa untuk menyertakan dokumen pendukung lainnya seperti CV dan portofolio jika diperlukan.

10. Kesimpulan

Itulah cara efektif membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang mudah dipahami oleh perusahaan. Dengan mengikuti cara tersebut, kamu bisa meningkatkan peluang untuk diterima di perusahaan idamanmu. Selamat mencoba!

Baca juga :  Cara Top Up Dana Lewat M Bca: Mudah Dan Praktis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *