Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Profesional

Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Profesional
Template Portofolio Lamaran Kerja 56+ Koleksi Gambar

Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja

Portofolio merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses pencarian kerja. Dalam portofolio, kamu bisa menampilkan karya-karya terbaikmu sehingga membuat perusahaan tertarik untuk merekrutmu. Bagi kamu yang ingin membuat portofolio lamaran kerja, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

Tentukan Tujuan Portofolio

gambar tujuan portofolio

Sebelum membuat portofolio, kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan portofolio tersebut. Apakah tujuanmu untuk menampilkan karya-karya terbaikmu atau untuk menunjukkan kemampuanmu dalam suatu bidang tertentu? Dengan menentukan tujuan portofolio, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan konten yang akan ditampilkan dalam portofolio.

Pilih Desain yang Menarik

gambar desain portofolio

Desain portofolio menjadi salah satu hal yang sangat penting. Pilihlah desain yang menarik dan sesuai dengan tujuanmu. Jangan terlalu banyak menggunakan warna dan elemen yang tidak perlu karena akan membuat portofoliomu terlihat berantakan. Gunakan font yang mudah dibaca dan jangan terlalu banyak menggunakan gambar.

Tampilkan Karya-Karya Terbaikmu

Salah satu hal yang harus ada dalam portofolio adalah karya-karya terbaikmu. Pilihlah karya-karya terbaikmu dan tampilkan dalam portofolio. Kamu bisa menampilkan karya-karya dalam bentuk gambar, video, atau link ke website yang telah kamu buat.

Sertakan Informasi Pribadi

Sertakan informasi pribadi seperti nama, alamat, email, dan nomor telepon. Jangan lupa untuk juga menambahkan link ke LinkedIn atau website pribadimu.

Buatlah Ringkasan Tentang Diri

Buatlah ringkasan tentang diri. Jangan terlalu panjang, cukup 1-2 paragraf saja yang mampu menggambarkan dirimu dengan jelas.

Baca juga :  Cara Cek Umur Kartu Telkomsel

Tampilkan Pengalaman Kerja dan Pendidikan

Tampilkan pengalaman kerja dan pendidikanmu. Sertakan informasi tentang perusahaan tempatmu bekerja dan jabatan yang pernah kamu pegang. Jangan lupa untuk juga menambahkan pendidikanmu dari jenjang terakhir yang kamu tempuh.

Sertakan Referensi

Sertakan referensi dari orang-orang yang pernah bekerja sama denganmu. Dengan adanya referensi, perusahaan akan lebih percaya diri untuk merekrutmu.

Jangan Lupa Untuk Mengedit dan Menyempurnakan

Setelah membuat portofolio, jangan lupa untuk mengedit dan menyempurnakannya. Periksa kembali apakah ada kesalahan tata bahasa atau kesalahan penulisan informasi. Pastikan portofoliomu benar-benar terlihat profesional dan menarik.

Berikan Tautan ke Portofolio pada CV

Setelah membuat portofolio, jangan lupa untuk memberikan tautan ke portofoliomu pada CV atau surat lamaran kerjamu. Dengan memberikan tautan tersebut, perusahaan akan lebih mudah untuk melihat karya-karya terbaikmu.

Kesimpulan

Membuat portofolio lamaran kerja memang bukan hal yang mudah, tapi dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu bisa membuat portofolio yang menarik dan profesional. Jangan lupa untuk selalu mengedit dan menyempurnakan portofoliomu serta memberikan tautan ke portofolio pada CV atau surat lamaran kerjamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *