php  

Cara Membuat Php Di Xampp

Cara Membuat Php Di Xampp
Cara Menjalankan File PHP pada XAMPP (Localhost) YouTube

Pendahuluan

XAMPP adalah salah satu paket software yang banyak digunakan oleh para developer web untuk membuat dan mengelola website secara lokal. Dalam XAMPP, kita dapat menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk mengembangkan aplikasi web yang interaktif dan dinamis. Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat PHP di XAMPP.

1. Instalasi XAMPP

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh dan menginstal XAMPP. Anda dapat mengunduh versi terbaru XAMPP dari situs resmi Apache Friends. Setelah proses pengunduhan selesai, jalankan file instalasi dan ikuti petunjuk yang diberikan. Pastikan Anda memilih komponen-komponen yang diperlukan untuk menjalankan PHP, seperti Apache dan MySQL.

2. Konfigurasi Server Apache

Setelah XAMPP terinstal, buka panel kontrol XAMPP dan klik tombol “Start” di sebelah Apache untuk menjalankan server web. Selanjutnya, buka browser dan ketikkan “localhost” atau “127.0.0.1” di bilah alamat. Jika muncul halaman selamat datang XAMPP, berarti server Apache sudah berjalan dengan baik.

3. Membuat File PHP

Untuk membuat file PHP, Anda dapat menggunakan editor teks biasa seperti Notepad atau menggunakan editor kode yang lebih canggih seperti Visual Studio Code. Buat file baru dengan ekstensi .php, misalnya “index.php”.

Gambar PHP di XAMPP

Contoh Coding PHP

4. Menulis Kode PHP

Sekarang, kita dapat mulai menulis kode PHP di file yang telah dibuat. Kode PHP harus dimulai dengan tag . Contoh sederhana untuk mencetak “Hello World” adalah sebagai berikut:

5. Menjalankan File PHP

Untuk menjalankan file PHP, Anda perlu menyimpannya di direktori yang benar. Dalam XAMPP, file PHP harus disimpan di folder “htdocs” yang terletak di direktori instalasi XAMPP. Setelah menyimpan file, buka browser dan ketikkan “localhost/nama_file.php” di bilah alamat. Anda akan melihat hasil dari kode PHP yang telah ditulis.

6. Menggunakan Fungsi PHP

PHP memiliki banyak fungsi bawaan yang dapat digunakan untuk mempermudah pengembangan web. Contoh penggunaan fungsi date() untuk mencetak tanggal dan waktu saat ini adalah sebagai berikut:

7. Menghubungkan PHP dengan MySQL

XAMPP juga menyediakan MySQL sebagai sistem manajemen basis data. Anda dapat menghubungkan PHP dengan MySQL untuk mengakses dan memanipulasi data. Caranya adalah dengan menggunakan fungsi-fungsi MySQLi atau PDO yang disediakan oleh PHP. Anda perlu mengatur koneksi ke server MySQL menggunakan host, username, password, dan nama basis data yang sesuai.

8. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah untuk membuat PHP di XAMPP. Mulai dari instalasi XAMPP, konfigurasi server Apache, pembuatan file PHP, penulisan kode PHP, hingga menjalankan file PHP dan menghubungkannya dengan MySQL. Dengan menggunakan XAMPP, Anda dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi web yang interaktif dan dinamis.

FAQ

  • Q: Apa itu XAMPP?

    A: XAMPP adalah paket software yang digunakan untuk membuat dan mengelola website secara lokal.

  • Q: Apa saja komponen yang diperlukan untuk menjalankan PHP di XAMPP?

    A: Komponen yang diperlukan adalah Apache dan MySQL.

  • Q: Bagaimana cara menjalankan server Apache di XAMPP?

    A: Buka panel kontrol XAMPP dan klik tombol “Start” di sebelah Apache.

  • Q: Di mana file PHP harus disimpan dalam XAMPP?

    A: File PHP harus disimpan di folder “htdocs” yang terletak di direktori instalasi XAMPP.

  • Q: Bagaimana cara menghubungkan PHP dengan MySQL di XAMPP?

    A: Anda dapat menggunakan fungsi MySQLi atau PDO yang disediakan oleh PHP untuk menghubungkan PHP dengan MySQL.

Sumber: https://unsuri.id/?s=php

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Lazada Paylater

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *