Cara Membuat Latar Belakang Skripsi

Cara Membuat Latar Belakang Skripsi
Tips Membuat Latar Belakang Skripsi DUNIA SKRIPSI

Cara Membuat Latar Belakang Skripsi

Pendahuluan

Penulisan skripsi merupakan salah satu tahap penting dalam menyelesaikan pendidikan sarjana. Salah satu bagian penting dari skripsi adalah latar belakang. Latar belakang skripsi berisi tentang gambaran umum masalah yang akan dibahas dalam skripsi. Artikel ini akan membahas cara membuat latar belakang skripsi yang profesional, unik, dan mudah dimengerti.

Langkah-Langkah Membuat Latar Belakang Skripsi

1. Tentukan Topik Skripsi

Langkah pertama dalam membuat latar belakang skripsi adalah menentukan topik skripsi. Topik skripsi haruslah spesifik dan relevan dengan bidang ilmu yang akan diteliti. Pastikan topik skripsi juga menarik untuk diteliti dan memiliki manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Penulisan Skripsi

2. Kaji Literatur

Setelah menentukan topik skripsi, langkah selanjutnya adalah mengkaji literatur. Kaji literatur dilakukan untuk mengetahui penelitian terkait topik skripsi yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan mengkaji literatur, kita dapat mengetahui gap yang masih ada dalam penelitian terdahulu dan dapat menjadi dasar untuk penelitian kita.

3. Buat Kerangka Pemikiran

Membuat kerangka pemikiran adalah langkah selanjutnya dalam membuat latar belakang. Kerangka pemikiran dapat membantu kita untuk memahami hubungan antara variabel-variabel yang akan diteliti dan membuat arah penelitian yang lebih jelas.

4. Tuliskan Isi Latar Belakang

Setelah memiliki kerangka pemikiran, langkah selanjutnya adalah menuliskan isi latar belakang skripsi. Isi latar belakang skripsi terdiri dari uraian singkat tentang topik skripsi, gap yang masih ada dalam penelitian terdahulu, dan pentingnya penelitian yang akan dilakukan.

Baca juga :  Tahapan Sebelum Skripsi

5. Rapihkan Paragraf

Setelah menuliskan isi latar belakang, pastikan paragraf-paragraf yang ada terlihat rapih dan mudah dimengerti. Gunakan kalimat yang jelas dan singkat agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi latar belakang.

6. Cek Ulang

Sebelum mengajukan skripsi, pastikan untuk melakukan cek ulang terhadap latar belakang yang telah dibuat. Periksa tata bahasa, ejaan, serta kesesuaian dengan aturan penulisan skripsi yang berlaku. Jika perlu, mintalah bantuan dosen pembimbing untuk melakukan revisi.

Penutup

Dalam penulisan latar belakang skripsi, pastikan untuk menuliskan dengan jelas dan singkat tentang topik skripsi, gap dalam penelitian terdahulu, dan pentingnya penelitian yang akan dilakukan. Lakukan cek ulang sebelum mengajukan skripsi agar terhindar dari kesalahan penulisan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan dapat membantu dalam penulisan latar belakang skripsi yang profesional dan mudah dimengerti pada tahun 2023.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *