php  

Cara Membuat Laporan Pdf Di Php

Cara Membuat Laporan Pdf Di Php
[PDF] Cara Membuat Laporan Pdf Dengan Php

Pendahuluan

Sebagai seorang programmer, seringkali kita perlu membuat laporan dalam bentuk PDF untuk keperluan bisnis atau administrasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat laporan PDF menggunakan PHP. PDF adalah format yang paling populer untuk berbagi dokumen karena dapat dipresentasikan dengan baik di berbagai platform dan perangkat. Dengan menggunakan PHP, kita dapat menghasilkan laporan PDF secara dinamis dengan mengambil data dari database atau sumber lainnya.

Step 1: Menginstal Library Dompdf

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menginstal library Dompdf. Dompdf adalah salah satu library PHP yang populer untuk membuat laporan PDF. Anda dapat mengunduh library Dompdf dari situs resminya atau menggunakan Composer untuk menginstalnya. Setelah menginstal library Dompdf, kita dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Step 2: Membuat Halaman PHP untuk Membuat Laporan

Langkah selanjutnya adalah membuat halaman PHP yang akan digunakan untuk membuat laporan PDF. Di halaman ini, kita akan menghubungkan ke database atau sumber data lainnya dan mengambil data yang diperlukan untuk laporan. Setelah itu, kita akan menggunakan library Dompdf untuk menghasilkan laporan PDF.

Contoh Kode

query($query); require_once 'dompdf/autoload.inc.php'; use Dompdf\Dompdf; $dompdf = new Dompdf(); $html =''; $html .=''; $html .=''; while($row = $result->fetch_assoc()) { $html .=''; $html .=''; $html .=''; $html .=''; $html .=''; } $html .='
IDNamaAlamat
'.$row['id'].''.$row['nama'].''.$row['alamat'].'
'; $dompdf->loadHtml($html); $dompdf->setPaper('A4', 'landscape'); $dompdf->render(); $dompdf->stream('laporan_data.pdf'); ?>

Step 3: Menyimpan Laporan dalam Format PDF

Setelah menghasilkan laporan PDF, langkah terakhir adalah menyimpan file PDF tersebut. Dalam contoh kode di atas, file PDF akan disimpan dengan nama “laporan_data.pdf” dan akan dibuka secara otomatis di browser pengguna. Anda juga dapat menyimpan file PDF ke server atau mengirimkannya sebagai lampiran email.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat laporan PDF di PHP menggunakan library Dompdf. Dengan menggunakan library ini, kita dapat membuat laporan PDF secara dinamis dengan mengambil data dari database atau sumber data lainnya. Proses pembuatan laporan PDF melibatkan langkah-langkah seperti menginstal library Dompdf, membuat halaman PHP untuk mengambil dan mengolah data, serta menyimpan laporan dalam format PDF. Dengan memahami langkah-langkah ini, Anda dapat membuat laporan PDF yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau administrasi Anda.

FAQ

  • Q: Apakah Dompdf gratis?
    A: Ya, Dompdf adalah library open source yang dapat digunakan secara gratis.
  • Q: Bagaimana cara mengatur tampilan laporan PDF?
    A: Anda dapat mengatur tampilan laporan PDF dengan menggunakan CSS. Dompdf mendukung sebagian besar properti CSS untuk mengatur tampilan dokumen.
  • Q: Bisakah saya menambahkan gambar ke laporan PDF?
    A: Ya, Anda dapat menambahkan gambar ke laporan PDF dengan menggunakan tag dalam HTML yang dihasilkan.

Baca juga :  Cara Membuat Sayur Sop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *