Cara Efektif Membuat Lamaran Kerja Lewat Whatsapp

Cara Efektif Membuat Lamaran Kerja Lewat Whatsapp
Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Wa Contoh Suratku

Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat WA

Bulan Januari 2023 sudah tiba dan dengan semangat baru, banyak orang yang mencari pekerjaan baru. Namun, dengan pandemi yang masih berlangsung, membuat proses melamar kerja menjadi semakin sulit. Apalagi jika harus menghadiri banyak tahapan seleksi secara langsung. Oleh karena itu, melamar kerja lewat WhatsApp bisa menjadi alternatif yang efektif. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat lamaran kerja lewat WhatsApp yang efektif:

Persiapkan Diri dengan Baik

Gambar Persiapan Sebelum Melamar Kerja

Sebelum melamar kerja lewat WhatsApp, pastikan dirimu sudah siap dengan baik. Siapkan dokumen-dokumen seperti CV dan surat lamaran kerja terlebih dahulu. Gunakan format yang baik dan benar supaya memberikan kesan profesional pada calon perusahaan. Persiapkan juga jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin akan dilontarkan oleh pihak perusahaan. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Perhatikan Waktu yang Tepat

Sebelum mengirimkan lamaran kerja lewat WhatsApp, pastikan kamu mengirimkannya pada waktu yang tepat. Jangan mengirimkannya saat jam kerja karena kemungkinan besar pihak perusahaan sedang sibuk. Sebaiknya kirimkan saat malam hari atau pada hari libur. Hal ini akan memungkinkan pihak perusahaan untuk membaca lamaranmu dengan lebih teliti dan mempertimbangkan secara serius.

Pilih Kata-kata yang Tepat

Dalam lamaran kerja lewat WhatsApp, pilihlah kata-kata yang tepat dan sopan. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan jangan terlalu formal atau terlalu santai. Ketika menulis lamaran kerja, pastikan kamu menyesuaikan diri dengan gaya yang digunakan oleh pihak perusahaan. Jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa dan ejaan agar terlihat profesional.

Baca juga :  Contoh Map Coklat Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Profesional

Sertakan Informasi Kontak

Pada lamaran kerja lewat WhatsApp, jangan lupa untuk mencantumkan informasi kontakmu. Sertakan nomor telepon dan alamat email dengan jelas dan lengkap. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungimu kembali jika kamu lolos ke tahap selanjutnya.

Sertakan Portofolio Kerjamu

Agar lamaran kerjamu lebih menonjol, sertakan portofolio kerjamu pada WhatsApp. Portofolio kerja ini bisa berupa link ke profil LinkedIn atau website pribadi. Dengan begitu, pihak perusahaan bisa melihat hasil kerjamu sebelumnya dan mempertimbangkan kualitas kerjamu.

Jangan Terlalu Menuntut

Ketika melamar kerja lewat WhatsApp, jangan terlalu menuntut gaji atau fasilitas yang terlalu tinggi. Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan pihak perusahaan mengenai gaji dan fasilitas yang diberikan. Jangan terlalu memaksakan kehendakmu karena bisa saja membuat pihak perusahaan tidak tertarik denganmu.

Perbarui Status Lamaranmu

Setelah mengirimkan lamaran kerja lewat WhatsApp, pastikan kamu memperbarui status lamaranmu. Jangan sekali-kali mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan yang sama berkali-kali. Hal ini akan memberikan kesan yang buruk pada dirimu dan membuat pihak perusahaan tidak tertarik denganmu.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips untuk membuat lamaran kerja lewat WhatsApp yang efektif. Persiapkan dirimu dengan baik, pilih waktu yang tepat, gunakan kata-kata yang sopan, sertakan informasi kontak, portofolio kerja, dan jangan terlalu menuntut. Dengan begitu, kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di perusahaan impianmu. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *