Cara Membuat Kesimpulan

cara membuat kesimpulan
cara membuat kesimpulan

Cara membuat kesimpulan adalah salah satu keterampilan yang penting dalam menulis. Kesimpulan merupakan bagian penting dari sebuah tulisan karena memberikan gambaran tentang inti dari tulisan tersebut. Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat kesimpulan yang baik dan benar.

Pahami Tujuan Tulisan

Saat menulis, pastikan bahwa Anda memahami tujuan dari tulisan yang Anda buat. Setelah itu, tuliskan beberapa poin penting yang ingin disampaikan dalam tulisan tersebut. Dengan memahami tujuan dan poin-poin penting, Anda akan lebih mudah membuat kesimpulan yang efektif dan jelas.

Cermati Paragraf Akhir

Paragraf terakhir dari tulisan biasanya berisi kesimpulan. Namun, terkadang penulis memasukkan informasi baru atau tidak relevan dalam paragraf akhir. Oleh karena itu, penting untuk mencermati paragraf akhir dan memastikan bahwa informasi yang disampaikan sesuai dengan tujuan tulisan.

Jangan Menyalin Paragraf Awal

Banyak penulis yang menyalin paragraf awal untuk dijadikan kesimpulan. Padahal, itu tidak tepat dan kurang efektif. Kesimpulan harus memberikan gambaran tentang poin-poin penting dalam tulisan, bukan sekadar mengulang apa yang sudah disampaikan di awal.

Buatlah Ringkasan Singkat

Kesimpulan harus memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin penting dalam tulisan. Sebaiknya gunakan kalimat yang singkat, jelas, dan padat. Jangan lupa untuk menekankan poin-poin yang paling penting dan menarik perhatian pembaca.

Baca juga :  Cara Hack Akun Ff

Jangan Tambahkan Informasi Baru

Ingatlah bahwa kesimpulan bukan tempat untuk menambahkan informasi baru. Sebaliknya, kesimpulan harus memberikan gambaran tentang inti dari tulisan. Hindari menambahkan poin baru atau informasi yang tidak relevan.

Gunakan Bahasa yang Tegas

Pada bagian kesimpulan, gunakan bahasa yang tegas dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang ambigu atau mengandung banyak kata-kata yang tidak perlu. Gunakan kalimat aktif dan pastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

FAQ

Apa itu kesimpulan?

Kesimpulan adalah bagian penting dari sebuah tulisan yang memberikan gambaran tentang inti dari tulisan tersebut.

Bagaimana cara membuat kesimpulan yang baik?

Cara membuat kesimpulan yang baik adalah dengan memahami tujuan tulisan, mencermati paragraf akhir, tidak menyalin paragraf awal, membuat ringkasan singkat, tidak menambahkan informasi baru, dan menggunakan bahasa yang tegas.

Apakah kesimpulan harus ditulis dalam paragraf terakhir?

Tidak selalu. Kesimpulan bisa ditulis dalam paragraf terakhir, namun bisa juga ditulis dalam bagian tersendiri.

Apakah kesimpulan harus singkat?

Ya, kesimpulan sebaiknya singkat dan padat untuk memudahkan pembaca memahami inti dari tulisan.

Apa yang harus dihindari dalam penulisan kesimpulan?

Hindari menambahkan informasi baru atau tidak relevan dalam kesimpulan. Gunakan bahasa yang tegas dan jelas serta hindari kalimat yang ambigu.

Bagaimana cara membuat kesimpulan yang menarik?

Untuk membuat kesimpulan yang menarik, fokus pada poin-poin penting dalam tulisan dan gunakan bahasa yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Apakah kesimpulan harus berupa kalimat tunggal?

Tidak selalu. Kesimpulan bisa berupa kalimat tunggal atau beberapa kalimat, tergantung dari panjang dan kompleksitas dari tulisan.

Apa yang harus dilakukan jika sulit membuat kesimpulan?

Jika sulit membuat kesimpulan, sebaiknya kembali ke poin-poin penting dalam tulisan dan fokus pada pesan utama yang ingin disampaikan.

Baca juga :  Tata Cara Shalat Gerhana

Apakah kesimpulan harus mencantumkan referensi?

Tidak perlu. Kesimpulan hanya berisi ringkasan singkat tentang inti dari tulisan, bukan daftar referensi atau sumber yang digunakan.

Pros

Dengan membuat kesimpulan yang baik, pembaca akan lebih mudah memahami inti dari tulisan dan pesan yang ingin disampaikan. Kesimpulan juga bisa membantu meningkatkan kesan pembaca terhadap tulisan yang dibuat.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat kesimpulan yang baik:

  • Pahami tujuan tulisan
  • Mencermati paragraf akhir
  • Tidak menyalin paragraf awal
  • Buat ringkasan singkat
  • Hindari informasi baru
  • Gunakan bahasa yang tegas dan jelas

Summary

Cara membuat kesimpulan yang baik adalah dengan memahami tujuan tulisan, mencermati paragraf akhir, tidak menyalin paragraf awal, membuat ringkasan singkat, tidak menambahkan informasi baru, dan menggunakan bahasa yang tegas. Dengan membuat kesimpulan yang baik, pembaca akan lebih mudah memahami inti dari tulisan dan pesan yang ingin disampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *