Cara Membuat Jurnal Umum

cara membuat jurnal umum
cara membuat jurnal umum

Cara membuat jurnal umum sangat penting bagi pemilik usaha atau akuntan dalam mencatat transaksi keuangan perusahaan. Jurnal umum merupakan catatan paling awal dari setiap transaksi yang terjadi di perusahaan dan menjadi dasar pembuatan laporan keuangan. Bagi yang belum terbiasa, pembuatan jurnal umum bisa terasa rumit. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat jurnal umum yang benar.

Detail

Pengertian Jurnal Umum

Jurnal umum adalah catatan akuntansi yang mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan secara kronologis. Jurnal umum menjadi dasar pembuatan laporan keuangan dan menghasilkan saldo akhir akun setiap periode akuntansi.

Langkah-langkah Membuat Jurnal Umum

Langkah-langkah membuat jurnal umum adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan tanggal transaksi
  2. Identifikasi akun yang terlibat dalam transaksi
  3. Tentukan apakah akun tersebut terdebit atau terkredit
  4. Tentukan jumlah transaksi
  5. Posting ke dalam jurnal umum

Akun Debit dan Kredit

Akun debit adalah akun yang bertambah nilainya jika didebitkan dan berkurang nilainya jika dikreditkan. Sedangkan akun kredit adalah akun yang bertambah nilainya jika dikreditkan dan berkurang nilainya jika didebitkan.

Contoh Jurnal Umum

Berikut adalah contoh jurnal umum:

Tanggal Akun Debit Akun Kredit Jumlah
1 Januari 2021 Kas Penjualan 1.000.000
2 Januari 2021 Beban Operasional Kas 500.000
Baca juga :  10 Cara Mengobati Luka Bakar Cara Balbol

Posting ke Buku Besar

Setelah jurnal umum selesai dibuat, transaksi harus diposting ke buku besar. Buku besar adalah catatan akuntansi yang mencatat saldo akun setiap periode akuntansi. Dalam buku besar, transaksi dikelompokkan berdasarkan akun yang terlibat.

FAQ

Apa fungsi dari jurnal umum?

Jurnal umum berfungsi sebagai catatan awal dari setiap transaksi yang terjadi di perusahaan. Jurnal umum menjadi dasar pembuatan laporan keuangan dan menghasilkan saldo akhir akun setiap periode akuntansi.

Berapa kali jurnal umum harus dibuat dalam sebulan?

Jurnal umum harus dibuat setiap kali terjadi transaksi keuangan di perusahaan.

Bagaimana cara memposting jurnal umum ke buku besar?

Untuk memposting jurnal umum ke buku besar, transaksi harus dikelompokkan berdasarkan akun yang terlibat lalu dijumlahkan. Selanjutnya, saldo akhir akun tersebut dicatat ke dalam buku besar.

Apa bedanya jurnal umum dengan buku besar?

Jurnal umum mencatat setiap transaksi secara kronologis, sedangkan buku besar mencatat saldo akun setiap periode akuntansi.

Apakah jurnal umum bisa digunakan untuk perusahaan skala kecil?

Ya, jurnal umum bisa digunakan untuk perusahaan skala kecil maupun besar.

Apa saja akun yang biasanya terdapat di jurnal umum?

Akun yang terdapat di jurnal umum berbeda-beda tergantung jenis usaha perusahaan. Namun, akun yang umumnya terdapat di jurnal umum adalah kas, piutang, hutang, modal, beban operasional, dan pendapatan.

Pros

Dengan membuat jurnal umum, pemilik usaha atau akuntan dapat memantau setiap transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan dan menghindari kesalahan catatan akuntansi.

Tips

Untuk memudahkan dalam membuat jurnal umum, gunakan template jurnal umum yang sudah tersedia.

Summary

Jurnal umum merupakan catatan akuntansi yang mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan secara kronologis. Langkah-langkah membuat jurnal umum adalah menentukan tanggal transaksi, identifikasi akun yang terlibat dalam transaksi, tentukan apakah akun tersebut terdebit atau terkredit, tentukan jumlah transaksi, dan posting ke dalam jurnal umum. Jurnal umum menjadi dasar pembuatan laporan keuangan dan menghasilkan saldo akhir akun setiap periode akuntansi.

Baca juga :  Cara Membuat Alis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *