Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Profesional Dan Menarik

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Profesional Dan Menarik
Contoh CV Tulis Tangan

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

1. Kenali Jenis CV yang Sesuai dengan Posisi yang Dilamar

Saat membuat CV, penting untuk menyesuaikan dengan posisi yang dilamar. Ada beberapa jenis CV yang bisa dipilih, di antaranya adalah CV kronologis, fungsional, kombinasi, dan kreatif. Pilih jenis CV yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

2. Gunakan Kertas Berkualitas

CV yang ditulis tangan akan terlihat lebih profesional jika menggunakan kertas berkualitas. Pilih kertas yang tebal dan tidak mudah kusut. Gunakan pensil atau pulpen yang mudah dibaca dan tidak mudah pudar.

kertas berkualitas

3. Tulis dengan Rapi dan Bersih

Pastikan tulisan Anda rapi dan tidak berantakan. Jangan menggunakan tinta yang mudah luntur. Jika perlu, gunakan penghapus untuk menghilangkan kesalahan penulisan. Jangan lupa untuk mengecek ejaan dan tata bahasa.

4. Cantumkan Informasi Pribadi yang Lengkap

Cantumkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email. Pastikan informasi yang Anda cantumkan benar dan mudah dihubungi.

5. Tulis Ringkasan tentang Diri Anda

Tuliskan ringkasan tentang diri Anda, misalnya latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan posisi yang dilamar.

6. Sertakan Pengalaman Kerja Terkait

Jika Anda memiliki pengalaman kerja terkait dengan posisi yang dilamar, cantumkan secara detail. Tuliskan nama perusahaan, jabatan, dan tanggung jawab yang diemban. Jangan lupa untuk menulis periode kerja.

Baca juga :  Contoh Penulisan Di Amplop Lamaran Kerja Tahun 2023

7. Jangan Lupa Sertakan Referensi

Sertakan referensi dari orang yang bisa memberikan testimoni positif tentang Anda. Cantumkan nama, jabatan, dan nomor telepon orang tersebut.

8. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Ramah

Gunakan bahasa yang sopan dan ramah saat menulis CV. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau bahasa yang terlalu santai. Pastikan CV Anda mudah dipahami dan tidak mengandung kesalahan tata bahasa.

9. Buat CV yang Menarik

Buat CV yang menarik dengan menggunakan warna dan desain yang sederhana namun elegan. Hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok atau desain yang terlalu ramai.

10. Koreksi dan Perbaiki CV Anda

Sebelum mengirimkan CV, pastikan untuk mengecek kembali kesalahan penulisan dan tata bahasa. Mintalah bantuan dari orang lain untuk memeriksa CV Anda. Perbaiki kesalahan yang ditemukan agar CV Anda terlihat profesional dan menarik.

Kesimpulan

CV lamaran kerja yang ditulis tangan masih banyak dibutuhkan di tahun 2023. Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa membuat CV yang profesional dan menarik. Jangan lupa untuk menyesuaikan CV dengan posisi yang dilamar dan memperhatikan tata bahasa dan ejaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *