php  

Cara Membuat Crud Dengan Php Dan Mysql

Cara Membuat Crud Dengan Php Dan Mysql
Membuat Crud Sederhana Dengan Php Dan Mysql Bootstrap Dengan Form

Pendahuluan

CRUD (Create, Read, Update, Delete) adalah salah satu operasi dasar yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web. Dalam artikel ini, kita akan belajar cara membuat CRUD sederhana menggunakan PHP dan MySQL.

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menginstal PHP dan MySQL di komputer Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs resmi PHP dan MySQL.

Langkah 1: Membuat Database dan Tabel

Pertama, kita perlu membuat database dan tabel di MySQL. Anda dapat menggunakan alat seperti phpMyAdmin atau perintah SQL untuk melakukan ini.

CREATE DATABASE crud_db; USE crud_db; CREATE TABLE users ( id INT(11) AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY, name VARCHAR(100), email VARCHAR(100), phone VARCHAR(20) );

Tabel “users” memiliki empat kolom: id, name, email, dan phone. Kolom id adalah kolom utama dengan tipe data INT dan akan otomatis bertambah nilainya setiap kali kita menambahkan data baru.

Langkah 2: Membuat Koneksi ke Database

Setelah membuat database dan tabel, kita perlu membuat koneksi antara PHP dan MySQL. Buat file baru dengan nama “koneksi.php” dan masukkan kode berikut:

Kode di atas akan membuat koneksi ke database menggunakan fungsi mysqli_connect(). Pastikan untuk mengganti nilai variabel $host, $username, $password, dan $database sesuai dengan pengaturan MySQL Anda.

Langkah 3: Membuat Halaman Read (Tampilan Data)

Selanjutnya, kita akan membuat halaman untuk menampilkan data dari tabel “users”. Buat file baru dengan nama “index.php” dan masukkan kode berikut:

CRUD dengan PHP dan MySQL

Data Users

ID Nama Email Telepon

Kode di atas akan menampilkan data dari tabel “users” dalam bentuk tabel HTML. Fungsi mysqli_query() digunakan untuk menjalankan query SQL dan mengembalikan hasilnya ke variabel $result. Selanjutnya, kita menggunakan fungsi mysqli_fetch_assoc() untuk mengambil setiap baris hasil query dan menampilkannya dalam tabel.

Langkah 4: Membuat Halaman Create (Tambah Data)

Setelah membuat halaman untuk menampilkan data, kita akan membuat halaman untuk menambahkan data baru ke tabel “users”. Buat file baru dengan nama “create.php” dan masukkan kode berikut:

CRUD dengan PHP dan MySQL

Tambah Data User

Kode di atas akan membuat formulir untuk menambahkan data baru ke tabel “users”. Ketika pengguna mengklik tombol “Tambah”, data akan dikirimkan ke halaman “create.php” melalui metode POST. Kemudian, data akan ditangkap menggunakan variabel $_POST dan disimpan ke dalam tabel menggunakan query INSERT.

Langkah 5: Membuat Halaman Update (Ubah Data)

Selanjutnya, kita akan membuat halaman untuk mengubah data yang sudah ada di tabel “users”. Buat file baru dengan nama “update.php” dan masukkan kode berikut:

CRUD dengan PHP dan MySQL

Ubah Data User

Kode di atas akan membuat formulir untuk mengubah data yang sudah ada di tabel “users”. Ketika pengguna mengklik tombol “Ubah”, data akan dikirimkan ke halaman “update.php” melalui metode POST. Kemudian, data akan ditangkap menggunakan variabel $_POST dan diperbarui ke dalam tabel menggunakan query UPDATE.

Langkah 6: Membuat Halaman Delete (Hapus Data)

Terakhir, kita akan membuat halaman untuk menghapus data dari tabel “users”. Buat file baru dengan nama “delete.php” dan masukkan kode berikut:

Kode di atas akan menghapus data dari tabel “users” berdasarkan id yang diterima melalui URL. Setelah menghapus data, pengguna akan diarahkan kembali ke halaman utama.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah belajar cara membuat CRUD sederhana menggunakan PHP dan MySQL. CRUD adalah salah satu operasi dasar yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web. Dengan menggunakan PHP dan MySQL, kita dapat dengan mudah membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data dalam database. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari pengembangan aplik

Baca juga :  Membuat Website Dengan Php: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *