php  

Cara Membuat Aplikasi Stok Barang Dengan Php

Cara Membuat Aplikasi Stok Barang Dengan Php
Download Gratis Program Stok Barang Aplikasi Penjualan Dan Gudang

Pendahuluan

Stok barang merupakan hal penting bagi setiap bisnis. Dengan adanya aplikasi stok barang, Anda dapat mengelola dan memantau persediaan barang dengan lebih efisien. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat aplikasi stok barang menggunakan PHP. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disajikan, Anda akan dapat membuat aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengelola stok barang dengan mudah.

1. Persiapan

Sebelum memulai membuat aplikasi stok barang, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda memiliki lingkungan pengembangan PHP yang sudah terpasang di komputer Anda. Anda juga perlu menginstal database MySQL untuk menyimpan data stok barang. Selain itu, Anda juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang PHP dan SQL.

PHP

2. Membuat Database

Langkah pertama dalam membuat aplikasi stok barang adalah membuat struktur database. Buatlah tabel dengan nama “barang” yang akan menyimpan data stok barang. Tabel ini harus memiliki kolom seperti id_barang, nama_barang, jumlah_barang, dan harga_barang. Anda juga dapat menambahkan kolom lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

 CREATE TABLE barang ( id_barang INT AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY, nama_barang VARCHAR(255) NOT NULL, jumlah_barang INT NOT NULL, harga_barang INT NOT NULL ); 

3. Membuat Form Input

Selanjutnya, buatlah form input yang akan digunakan untuk menambahkan data stok barang. Form ini harus berisi field untuk memasukkan nama barang, jumlah barang, dan harga barang. Anda juga perlu menambahkan tombol submit untuk mengirim data ke server.

4. Proses Input Data

Setelah membuat form input, selanjutnya Anda perlu membuat proses untuk menyimpan data stok barang ke dalam database. Buatlah file dengan nama “proses_tambah_barang.php” dan tambahkan script PHP berikut:

5. Menampilkan Data Stok Barang

Langkah selanjutnya adalah menampilkan data stok barang yang telah disimpan ke dalam database. Buatlah file dengan nama “index.php” dan tambahkan script PHP berikut:

".$row['nama_barang'].""; echo "

Jumlah: ".$row['jumlah_barang']."

"; echo "

Harga: ".$row['harga_barang']."

"; } mysqli_close($koneksi); ?>

FAQ (Frequently Asked Questions)

  • Apakah aplikasi ini dapat digunakan oleh bisnis skala kecil?
    Ya, aplikasi ini dapat digunakan oleh bisnis skala kecil maupun besar. Anda dapat mengubah dan menyesuaikan fitur-fitur yang ada sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Apakah aplikasi ini dapat digunakan secara online?
    Ya, Anda dapat meng-hosting aplikasi ini secara online sehingga dapat diakses dari mana saja asalkan terhubung ke internet.
  • Apakah aplikasi ini memiliki fitur untuk mengubah atau menghapus data stok barang?
    Belum, tetapi Anda dapat menambahkan fitur tersebut dengan mengedit script PHP yang ada.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuat aplikasi stok barang dengan PHP. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disajikan, Anda dapat membuat aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengelola dan memantau persediaan barang dengan lebih efisien. Jangan lupa untuk terus mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga :  Cara Mentransfer Pulsa Indosat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *