Cara Mematikan Update Windows 10

cara mematikan update windows 10
cara mematikan update windows 10

Cara mematikan update Windows 10 dapat menjadi solusi bagi pengguna yang tidak ingin sistem operasi mereka terus-menerus melakukan pembaruan. Namun, sebelum memutuskan untuk mematikan update Windows 10, pastikan Anda memahami konsekuensi yang mungkin terjadi. Mematikan update dapat mengurangi keamanan sistem Anda dan membuatnya rentan terhadap serangan virus dan malware. Oleh karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk mematikan update Windows 10.

Langkah 1: Menghentikan Layanan Windows Update

Langkah pertama untuk mematikan update Windows 10 adalah dengan menghentikan layanan Windows Update. Caranya adalah dengan membuka jendela “Services” dan mencari layanan “Windows Update”. Setelah menemukannya, klik kanan dan pilih “Stop”.

Langkah 2: Menonaktifkan Layanan Windows Update

Setelah menghentikan layanan Windows Update, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan layanan tersebut. Buka jendela “Services” lagi, lalu cari layanan “Windows Update” dan klik kanan. Pilih “Properties” dan ubah opsi “Startup type” menjadi “Disabled”.

Baca juga :  Cara Bermain Lato Lato

Langkah 3: Mengubah Setelan Grup Kebijakan

Anda juga dapat mematikan update Windows 10 melalui setelan Grup Kebijakan. Buka jendela “Run” dengan menekan tombol “Windows + R” pada keyboard dan ketik “gpedit.msc”. Pilih “Computer Configuration” dan lanjutkan dengan “Administrative Templates”. Kemudian, cari opsi “Configure Automatic Updates” dan ubah menjadi “Disabled”.

Langkah 4: Mengubah Setelan Registry

Alternatif lain untuk mematikan update Windows 10 adalah dengan mengubah setelan Registry. Buka jendela “Run” dan ketik “regedit”. Pilih “HKEY_LOCAL_MACHINE” dan lanjutkan dengan “SOFTWARE”. Cari kunci “Policies” dan buat subkunci baru bernama “Microsoft”. Kemudian, buat subkunci baru lagi bernama “Windows”. Di bawah subkunci “Windows”, buat subkunci baru dengan nama “WindowsUpdate”. Terakhir, buat nilai DWORD baru dengan nama “AUOptions” dan ubah nilainya menjadi “2”.

Langkah 5: Memutuskan Koneksi Internet

Cara terakhir untuk mematikan update Windows 10 adalah dengan memutuskan koneksi internet. Dengan memutuskan koneksi internet, sistem operasi tidak akan dapat melakukan pembaruan. Namun, pastikan Anda mempertimbangkan konsekuensi dari memutuskan koneksi internet, seperti tidak dapat mengakses internet atau layanan online.

FAQ

1. Apakah aman untuk mematikan update Windows 10?

Tidak, mematikan update Windows 10 dapat mengurangi keamanan sistem Anda dan membuatnya rentan terhadap serangan virus dan malware.

2. Apa yang akan terjadi jika saya mematikan update Windows 10?

Sistem operasi Anda tidak akan menerima pembaruan keamanan dan fitur terbaru dari Microsoft.

3. Apakah saya dapat memilih pembaruan yang ingin saya instal?

Ya, Anda dapat memilih pembaruan yang ingin Anda instal melalui opsi “Advanced options” di halaman “Windows Update”.

4. Apakah saya dapat mematikan update Windows 10 sementara?

Ya, Anda dapat mengatur jadwal untuk pembaruan atau menunda pembaruan selama 35 hari.

Baca juga :  Cara Memakai Dasi Smp

5. Bagaimana saya dapat memeriksa pembaruan Windows 10 yang telah diinstal?

Buka halaman “Windows Update” dan klik opsi “View update history” untuk melihat daftar pembaruan yang telah diinstal.

6. Apakah saya dapat mematikan update Windows 10 di perangkat lain?

Ya, Anda dapat mematikan update Windows 10 di perangkat lain dengan mengikuti langkah yang sama seperti di atas.

7. Apakah saya dapat mematikan update Windows 10 melalui Command Prompt?

Ya, Anda dapat mematikan update Windows 10 melalui Command Prompt dengan mengetikkan perintah “net stop wuauserv” untuk menghentikan layanan Windows Update, dan “sc config wuauserv start= disabled” untuk menonaktifkan layanan tersebut.

8. Apakah saya dapat mematikan update Windows 10 melalui aplikasi pihak ketiga?

Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “StopUpdates10” untuk mematikan update Windows 10.

Pros

Mematikan update Windows 10 dapat meningkatkan kinerja sistem dan menghemat penggunaan bandwith internet.

Tips

Pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk mematikan update Windows 10. Jika memungkinkan, instal pembaruan keamanan dan fitur terbaru dari Microsoft.

Summary

Cara mematikan update Windows 10 dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti menghentikan layanan Windows Update, menonaktifkan layanan Windows Update, mengubah setelan Grup Kebijakan, mengubah setelan Registry, atau memutuskan koneksi internet. Namun, pastikan Anda mempertimbangkan konsekuensi dari mematikan update Windows 10 sebelum mengambil tindakan. Jika memungkinkan, instal pembaruan keamanan dan fitur terbaru dari Microsoft.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *