Cara Kerja Mesin 4 Tak

cara kerja mesin 4 tak
cara kerja mesin 4 tak

Cara kerja mesin 4 tak adalah prinsip kerja mesin pembakaran dalam yang digunakan pada kendaraan bermotor. Mesin jenis ini menghasilkan tenaga dari pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar yang kemudian menghasilkan gerakan dari piston yang dikonversi menjadi gerakan putar melalui poros engkol.

Langkah 1: Intake

Pada langkah intake, piston turun dan membuang gas buang ke luar ruang bakar melalui katup gas buang yang terbuka. Pada saat yang sama, katup masuk terbuka dan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam ruang bakar.

Langkah 2: Compression

Selanjutnya, langkah compression dimulai dengan penutupan katup masuk dan gas campuran ditekan oleh piston yang bergerak naik ke atas. Tekanan ini mencapai puncaknya pada saat piston mencapai TDC (Top Dead Center) atau posisi tertinggi di dalam ruang bakar.

Langkah 3: Combustion

Pada langkah combustion, busi akan menyala dan menimbulkan percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Proses pembakaran ini menghasilkan gas panas yang menekan piston ke bawah dan menggerakkan poros engkol.

Baca juga :  Cara Membuat Poster Di Hp

Langkah 4: Exhaust

Pada langkah exhaust, katup gas buang terbuka dan gas buang dikeluarkan dari ruang bakar oleh piston yang bergerak naik ke atas. Setelah itu, siklus kembali ke langkah intake dan ulang kembali.

1. Intake

Pada saat piston turun, katup masuk terbuka dan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam ruang bakar. Campuran bahan bakar dan udara ini kemudian mengisi ruang bakar pada bagian bawah piston.

2. Compression

Ketika piston naik, katup masuk dan gas buang ditutup. Hal ini menyebabkan tekanan campuran bahan bakar dan udara meningkat. Tekanan ini mencapai puncaknya pada saat piston mencapai posisi tertinggi di dalam ruang bakar.

3. Combustion

Setelah mencapai titik tertinggi, busi akan melepaskan api dan menimbulkan ledakan yang membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Proses pembakaran ini menghasilkan gas panas yang menekan piston ke bawah dan menggerakkan poros engkol.

4. Exhaust

Selanjutnya, katup gas buang terbuka dan gas buang dikeluarkan dari ruang bakar oleh piston yang bergerak naik ke atas. Siklus kembali ke langkah intake dan ulang kembali.

5. Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar pada mesin 4 tak terdiri dari tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, karburator atau sistem injeksi bahan bakar. Sistem bahan bakar berfungsi untuk menyediakan bahan bakar yang tepat ke dalam mesin sesuai dengan kebutuhan mesin.

6. Sistem Pelumas

Sistem pelumas pada mesin 4 tak terdiri dari oli mesin, pompa oli, dan filter oli. Fungsi sistem pelumas adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin dan mendinginkan mesin agar bekerja secara optimal.

1. Apa itu mesin 4 tak?

Mesin 4 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam yang menghasilkan tenaga dari pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

Baca juga :  Cara Download Mp3: Panduan Lengkap

2. Apa yang dimaksud dengan siklus mesin 4 tak?

Siklus mesin 4 tak terdiri dari empat langkah yaitu intake, compression, combustion, dan exhaust.

3. Apa fungsi dari sistem bahan bakar pada mesin 4 tak?

Sistem bahan bakar berfungsi untuk menyediakan bahan bakar yang tepat ke dalam mesin sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Apa yang dimaksud dengan sistem pelumas pada mesin 4 tak?

Sistem pelumas pada mesin 4 tak berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin dan mendinginkan mesin agar bekerja secara optimal.

5. Apakah perlu mengganti oli mesin secara berkala?

Ya, mengganti oli mesin secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dan memperpanjang umur mesin.

6. Apa yang harus dilakukan jika mesin tidak mau menyala?

Cek sistem bahan bakar, cek sistem kelistrikan, dan cek sistem pengapian.

7. Apa yang harus dilakukan jika mesin overheat?

Matikan mesin dan tunggu hingga mesin mendingin. Periksa sistem pendingin mesin seperti radiator, kipas radiator, dan pompa air.

8. Apakah perlu membersihkan filter udara secara berkala?

Ya, membersihkan filter udara secara berkala sangat penting untuk menjaga aliran udara yang masuk ke mesin dan memperpanjang umur mesin.

Keuntungan dari mesin 4 tak adalah tenaga yang dihasilkan lebih halus dan bertenaga serta lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar.

Untuk menjaga kinerja mesin 4 tak, pastikan untuk mengganti oli mesin secara berkala, membersihkan filter udara secara berkala, dan menjaga sistem bahan bakar agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

Cara kerja mesin 4 tak adalah prinsip kerja mesin pembakaran dalam yang menghasilkan tenaga dari pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Mesin jenis ini terdiri dari siklus mesin 4 tak yaitu intake, compression, combustion, dan exhaust. Mesin 4 tak memiliki sistem bahan bakar dan sistem pelumas yang berfungsi untuk menyediakan bahan bakar yang tepat ke dalam mesin dan melumasi bagian-bagian mesin. Mesin 4 tak memiliki keuntungan yaitu tenaga yang dihasilkan lebih halus dan bertenaga serta lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar.

Baca juga :  Cara Dapat Saldo Dana Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *