Cara Buat M Banking Bri

cara buat m banking bri
cara buat m banking bri

Setelah pandemi COVID-19 melanda, kebutuhan akan layanan perbankan digital semakin meningkat. Salah satunya adalah melalui M Banking BRI. Bagi yang belum tahu cara membuat M Banking BRI, berikut adalah panduan lengkapnya.

Detail

Persyaratan

Untuk membuat M Banking BRI, Anda harus menjadi nasabah BRI dan memiliki nomor ponsel yang terdaftar di BRI. Pastikan juga nomor ponsel Anda dalam kondisi aktif dan terkoneksi dengan jaringan seluler untuk melakukan registrasi.

Registrasi

Langkah pertama untuk membuat M Banking BRI adalah melakukan registrasi di mesin ATM BRI terdekat. Masukkan kartu ATM BRI dan PIN, pilih menu “Registrasi e-Banking” dan ikuti instruksi yang muncul di layar. Setelah selesai, ATM akan mencetak struk berisi kode aktivasi yang harus diinput di aplikasi M Banking BRI.

Unduh Aplikasi

Unduh aplikasi M Banking BRI di Google Play atau App Store. Pastikan aplikasi yang diunduh resmi dan berasal dari BRI. Setelah terunduh, buka aplikasi dan pilih opsi “Registrasi”. Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di BRI dan kode aktivasi yang tertera di struk ATM tadi.

Aktivasi

Setelah memasukkan nomor ponsel dan kode aktivasi, aplikasi akan meminta Anda untuk membuat PIN M Banking BRI. Buatlah PIN yang kuat dan mudah diingat. Setelah itu, aplikasi akan mengirimkan kode aktivasi melalui SMS yang harus dimasukkan untuk mengaktifkan akun M Banking BRI Anda.

Baca juga :  Cara Buat Surat Izin Sakit

Penggunaan

Setelah berhasil membuat M Banking BRI, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer antar rekening BRI, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan lain-lain. Pastikan selalu menjaga kerahasiaan PIN dan kode aktivasi agar terhindar dari kejahatan perbankan.

Biaya

Untuk membuat M Banking BRI tidak dikenakan biaya apapun, namun ada biaya transaksi yang berbeda-beda tergantung jenis dan nominal transaksi yang dilakukan. Pastikan selalu memeriksa tarif transaksi sebelum melakukan transaksi perbankan di M Banking BRI.

FAQ

1. Apa itu M Banking BRI?

M Banking BRI adalah layanan perbankan digital yang disediakan oleh Bank BRI untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan, dan lain-lain melalui aplikasi di ponsel.

2. Apakah bisa membuat M Banking BRI tanpa kartu ATM?

Tidak bisa. Untuk membuat M Banking BRI, nasabah harus melakukan registrasi di mesin ATM BRI terdekat dengan memasukkan kartu ATM BRI dan PIN.

3. Apakah bisa mengganti nomor ponsel terdaftar di M Banking BRI?

Bisa. Untuk mengganti nomor ponsel terdaftar di M Banking BRI, nasabah harus datang ke kantor cabang BRI terdekat dan mengisi formulir permohonan perubahan data nasabah.

4. Apakah M Banking BRI aman?

Ya, M Banking BRI menggunakan sistem keamanan yang ketat dan terjamin. Namun, nasabah juga harus selalu berhati-hati dan menjaga kerahasiaan PIN dan kode aktivasi agar terhindar dari kejahatan perbankan.

5. Apakah ada batasan untuk melakukan transaksi di M Banking BRI?

Ada. Setiap jenis transaksi memiliki batasan jumlah minimum dan maksimum yang berbeda-beda. Pastikan selalu memeriksa batasan transaksi sebelum melakukan transaksi perbankan di M Banking BRI.

6. Bagaimana jika lupa PIN M Banking BRI?

Nasabah bisa mengakses opsi “Lupa PIN” yang terdapat di aplikasi M Banking BRI untuk melakukan reset PIN. Namun, harus memasukkan kode aktivasi yang tertera di struk ATM dan nomor ponsel yang terdaftar di BRI untuk melakukan reset PIN.

Baca juga :  Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Profesional

7. Apakah bisa menggunakan M Banking BRI di luar negeri?

Bisa. Namun, harus memastikan terkoneksi dengan jaringan seluler lokal dan menyesuaikan tarif transaksi yang berlaku di negara tersebut.

8. Bagaimana jika ada masalah teknis dalam menggunakan M Banking BRI?

Nasabah bisa menghubungi call center BRI di nomor 14017 untuk mendapatkan bantuan teknis terkait penggunaan M Banking BRI.

Kelebihan

M Banking BRI memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mudah dan praktis digunakan
  • Tersedia 24 jam sehari
  • Berbagai jenis transaksi perbankan bisa dilakukan melalui satu aplikasi
  • Lebih hemat waktu dan biaya dibandingkan dengan transaksi di kantor cabang BRI
  • Lebih aman karena menggunakan sistem keamanan yang ketat

Tips

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam menggunakan M Banking BRI:

  • Gunakan PIN yang kuat dan mudah diingat
  • Periksa tarif transaksi sebelum melakukan transaksi perbankan
  • Jangan membagikan PIN dan kode aktivasi M Banking BRI ke orang lain
  • Selalu memeriksa saldo setelah melakukan transaksi
  • Gunakan M Banking BRI hanya di perangkat yang aman dan terpercaya

Summary

M Banking BRI adalah layanan perbankan digital yang memudahkan nasabah BRI dalam melakukan berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi di ponsel. Untuk membuat M Banking BRI, nasabah harus melakukan registrasi di mesin ATM BRI terdekat dan mengikuti instruksi yang muncul di layar. Setelah berhasil membuat, nasabah bisa langsung menggunakan aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi perbankan. Namun, harus selalu menjaga kerahasiaan PIN dan kode aktivasi agar terhindar dari kejahatan perbankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *