Cara Bikin Latar Belakang Skripsi

Cara Bikin Latar Belakang Skripsi
Cara Membuat Makalah Latar Belakang Kumpulan Tips

Cara Bikin Latar Belakang Skripsi

Pendahuluan

Menulis skripsi memang bukan perkara mudah, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan saat menulis latar belakang skripsi. Latar belakang skripsi merupakan bagian yang sangat penting karena pada bagian ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah yang akan dibahas serta tujuan dan manfaat penelitian. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat latar belakang skripsi yang baik dan benar.

Memilih Judul

memilih judul

Langkah awal dalam menulis latar belakang skripsi adalah memilih judul yang tepat. Pilihlah judul yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Selain itu, judul yang dipilih harus memiliki nilai kebermanfaatan yang tinggi bagi masyarakat atau bidang ilmu yang dipilih. Jangan lupa untuk berdiskusi dengan dosen pembimbing mengenai judul yang dipilih.

Menjelaskan Latar Belakang Masalah

Setelah memilih judul, langkah berikutnya adalah menjelaskan latar belakang masalah yang akan dibahas. Jelaskan secara singkat apa yang menjadi masalah dan mengapa masalah tersebut perlu dipecahkan. Gunakan data atau fakta untuk memperkuat argumen yang disampaikan.

Contoh:

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam berbelanja online. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi E-commerce Indonesia, hanya 30% masyarakat yang aktif berbelanja online. Faktor-faktor apa yang menyebabkan tingkat minat berbelanja online rendah?

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Setelah menjelaskan latar belakang masalah, selanjutnya adalah menuliskan tujuan dan manfaat penelitian. Tujuan penelitian harus jelas dan spesifik, sementara manfaat penelitian harus dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat atau bidang ilmu yang dipilih.

Baca juga :  Berapa Margin Skripsi?

Contoh:

  • Tujuan Penelitian: Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam berbelanja online.
  • Manfaat Penelitian: Memberikan rekomendasi bagi pelaku bisnis e-commerce untuk meningkatkan minat masyarakat dalam berbelanja online.

Metode Penelitian

Setelah menuliskan tujuan dan manfaat penelitian, selanjutnya adalah menjelaskan metode penelitian yang digunakan. Jelaskan secara rinci mengenai jenis data yang digunakan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data yang diterapkan.

Hipotesis Penelitian

Hipotesis penelitian merupakan suatu pernyataan yang berisi dugaan sementara mengenai hubungan antara dua variabel dalam penelitian. Hipotesis dapat digunakan untuk menguji kebenaran dari suatu teori atau dugaan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, tuliskan kembali latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan hipotesis penelitian. Jangan lupa untuk menyimpulkan hasil penelitian dan memberikan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

2023: Tren Penulisan Skripsi

Pada tahun 2023, tren penulisan skripsi semakin berkembang dengan adanya teknologi AI (Artificial Intelligence). Teknologi ini dapat membantu mahasiswa dalam melakukan analisis data dan menyusun kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan. Namun, meskipun menggunakan teknologi AI, mahasiswa tetap harus memahami konsep penelitian dan melakukan analisis data secara mandiri.

Link Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *