Berkas Yang Diperlukan Untuk Melamar Kerja Di Tahun 2023

Berkas Yang Diperlukan Untuk Melamar Kerja Di Tahun 2023
Siapkan berkas untuk melamar pekerjaan yang anda cari ⋆

Berkas yang Diperlukan untuk Melamar Kerja

1. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan dokumen utama yang harus disiapkan ketika ingin melamar pekerjaan. Surat ini berisi informasi tentang diri sendiri, latar belakang pendidikan, keahlian, serta alasan mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon dan alamat email.

2. Curriculum Vitae (CV)

CV atau daftar riwayat hidup berisi informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, serta keahlian yang dimiliki. Pastikan CV kamu terstruktur dengan baik dan mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

Contoh Curriculum Vitae (CV)

Contoh Curriculum Vitae

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman organisasi atau proyek yang pernah kamu ikuti.

3. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah dan transkrip nilai adalah bukti resmi tentang latar belakang pendidikan kamu. Pastikan kamu memiliki fotokopi yang sah dari kedua dokumen ini dan menyertakannya dalam lamaran kerja.

4. Fotokopi KTP

KTP atau kartu tanda penduduk adalah identitas resmi kamu sebagai warga negara Indonesia. Pastikan kamu memiliki fotokopi yang sah dari KTP dan menyertakannya dalam lamaran kerja.

5. Pas Foto Terbaru

Pas foto terbaru diperlukan untuk menampilkan wajah kamu kepada pihak perusahaan. Pastikan pas foto yang kamu gunakan terlihat formal dan profesional.

6. Sertifikat Keahlian

Jika kamu memiliki sertifikat keahlian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, jangan ragu untuk menyertakannya dalam lamaran kerja. Sertifikat ini bisa menjadi nilai tambah untuk kamu.

Baca juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Belum Berpengalaman 2023

7. Surat Pengalaman Kerja

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, pastikan kamu memiliki surat pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya. Surat ini bisa menjadi bukti pengalaman kerja dan menjadi nilai tambah dalam lamaran kerja.

8. Portofolio

Jika kamu melamar pekerjaan di bidang kreatif, kamu bisa menyertakan portofolio yang berisi karya-karya kamu sebelumnya. Portofolio ini bisa berupa desain grafis, video, atau karya lainnya yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

9. Referensi

Referensi dari orang-orang yang pernah bekerja sama dengan kamu bisa menjadi nilai tambah dalam lamaran kerja. Pastikan kamu menyertakan kontak orang-orang tersebut dan meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan nama mereka sebagai referensi.

10. Sertifikat Pelatihan

Jika kamu pernah mengikuti pelatihan atau kursus yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, kamu bisa menyertakan sertifikat pelatihan tersebut dalam lamaran kerja.

Itulah beberapa berkas yang diperlukan untuk melamar kerja di tahun 2023. Pastikan kamu menyiapkan semua dokumen tersebut dengan baik dan rapi untuk meningkatkan peluang kamu diterima di perusahaan yang kamu lamar.

Persyaratan Melamar Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *