Ciri Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Untuk Meningkatkan Peluang Diterima Kerja

Ciri Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Untuk Meningkatkan Peluang Diterima Kerja
9+ Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Informasi Dari Teman Galeri Berkas

Ciri Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pengantar

Setiap orang pasti ingin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah membuat surat lamaran pekerjaan yang baik. Surat lamaran pekerjaan yang baik akan meningkatkan peluang seseorang diterima kerja. Namun, apa saja ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang baik? Berikut ini adalah beberapa ciri surat lamaran pekerjaan yang baik.

Ciri-ciri Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

1. Sesuai Dengan Posisi yang Dilamar

Ciri pertama dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah sesuai dengan posisi yang dilamar. Surat lamaran pekerjaan yang baik harus dibuat secara spesifik untuk posisi yang dilamar. Jangan membuat surat lamaran pekerjaan yang general dan tidak spesifik. Hal ini akan menunjukkan bahwa si pelamar serius dan memiliki ketertarikan yang tinggi untuk posisi tersebut.

2. Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Ciri kedua dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar. Surat lamaran pekerjaan yang baik harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak bertele-tele, dan mudah dimengerti. Pastikan juga tidak ada kesalahan tata bahasa dan ejaan pada surat lamaran pekerjaan.

Baca juga :  Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Alfamart Yang Menarik Dan Profesional

Ciri Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

3. Menyebutkan Pengalaman Kerja yang Relevan

Ciri ketiga dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah menyebutkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jika si pelamar sudah memiliki pengalaman kerja, pastikan untuk menyebutkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Pengalaman kerja yang relevan akan menunjukkan bahwa si pelamar memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

4. Menjelaskan Kelebihan Diri dengan Singkat dan Padat

Ciri keempat dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah menjelaskan kelebihan diri dengan singkat dan padat. Si pelamar dapat menyebutkan kelebihan diri yang dimiliki sebagai tambahan informasi bagi perusahaan. Namun, pastikan untuk tidak memberikan informasi yang terlalu banyak dan bertele-tele.

5. Tidak Memasukkan Informasi yang Tidak Relevan

Ciri kelima dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah tidak memasukkan informasi yang tidak relevan. Surat lamaran pekerjaan yang baik harus fokus pada posisi yang dilamar dan kelebihan diri yang dimiliki. Jangan memasukkan informasi yang tidak relevan seperti hobi, kegiatan sosial, dan sejenisnya.

6. Menggunakan Format Surat yang Benar

Ciri keenam dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah menggunakan format surat yang benar. Surat lamaran pekerjaan yang baik harus menggunakan format surat yang sesuai dengan standar. Pastikan untuk menyertakan alamat perusahaan, tanggal, dan informasi yang diperlukan lainnya pada surat lamaran pekerjaan.

7. Mencantumkan Kontak yang Dapat Dihubungi

Ciri ketujuh dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah mencantumkan kontak yang dapat dihubungi. Pastikan untuk mencantumkan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi oleh perusahaan. Hal ini akan mempermudah perusahaan untuk menghubungi si pelamar jika ada informasi lanjutan yang diperlukan.

Baca juga :  Foto 3X4 Penting Untuk Melamar Kerja Di Tahun 2023

8. Menunjukkan Kepedulian Terhadap Perusahaan

Ciri kedelapan dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah menunjukkan keprihatinan terhadap perusahaan. Si pelamar dapat menunjukkan keprihatinan terhadap perusahaan dengan menyebutkan alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut atau menyebutkan informasi tentang perusahaan yang telah diketahui sebelumnya.

9. Disertai dengan CV yang Baik

Ciri kesembilan dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah disertai dengan CV yang baik. Surat lamaran pekerjaan yang baik harus disertai dengan CV yang baik dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Pastikan untuk membuat CV yang menarik dan sesuai dengan posisi yang dilamar.

10. Dikirimkan Tepat Waktu

Ciri kesepuluh dari surat lamaran pekerjaan yang baik adalah dikirimkan tepat waktu. Surat lamaran pekerjaan harus dikirimkan tepat waktu dan tidak terlambat. Pastikan untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Surat lamaran pekerjaan yang baik adalah salah satu hal yang penting untuk meningkatkan peluang seseorang diterima kerja. Ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang baik antara lain sesuai dengan posisi yang dilamar, menggunakan bahasa yang baik dan benar, menyebutkan pengalaman kerja yang relevan, menjelaskan kelebihan diri dengan singkat dan padat, tidak memasukkan informasi yang tidak relevan, menggunakan format surat yang benar, mencantumkan kontak yang dapat dihubungi, menunjukkan keprihatinan terhadap perusahaan, disertai dengan CV yang baik, dan dikirimkan tepat waktu. Dengan memperhatikan ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang baik, diharapkan seseorang dapat meningkatkan peluang diterima kerja pada tahun 2023.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *