Bagian Penting Surat Lamaran Pekerjaan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Di Tahun 2023

Bagian Penting Surat Lamaran Pekerjaan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Di Tahun 2023
Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik, Dijamin Dilirik HRD

Bagian Penting Surat Lamaran Pekerjaan

Menulis surat lamaran pekerjaan memang tidak mudah. Kamu harus menulis dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhitungkan setiap kata yang kamu tulis. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bagian-bagian penting dalam surat lamaran pekerjaan. Bagian-bagian ini harus kamu tulis dengan jelas dan lengkap agar perusahaan tertarik menerima lamaranmu.

1. Kepada Siapa Surat Lamaran Dikirim

alamat perusahaan

Bagian pertama yang harus kamu tulis adalah kepada siapa surat lamaran pekerjaan dikirim. Pastikan kamu menuliskan nama perusahaan dan alamat lengkapnya dengan benar. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam menyampaikan undangan wawancara atau pemberitahuan lainnya.

2. Pendahuluan

Setelah menuliskan alamat perusahaan, kamu harus menuliskan pendahuluan. Pendahuluan ini berisi tentang tujuanmu dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Jangan lupa menyebutkan nama posisi yang kamu lamar dan dari mana kamu mengetahui informasi lowongan pekerjaan tersebut.

Contoh:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Dita Ayu, melamar pekerjaan sebagai Marketing Executive di PT. Sejahtera Abadi yang saya ketahui dari situs resmi perusahaan.

3. Kualifikasi Pekerjaan

Bagian ketiga yang harus kamu tuliskan adalah kualifikasi pekerjaan. Kamu harus menuliskan kemampuan atau keahlian yang kamu miliki yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa sertakan pengalaman kerjamu yang relevan dengan posisi tersebut.

Contoh:

  • Menguasai Microsoft Office dan Google Analytics
  • Pernah bekerja sebagai Marketing Executive selama 2 tahun di perusahaan sejenis
  • Mampu bekerja dalam tekanan

4. Mengapa Kamu Cocok untuk Posisi Tersebut

Bagian keempat adalah mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut. Kamu harus menuliskan alasan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut dan mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut. Jangan lupa, kamu harus menunjukkan keinginanmu untuk bekerja sama dengan perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga :  5 Contoh Lamaran Pekerjaan Di Rumah Sakit Yang Menarik Dan Profesional

Contoh:

Saya sangat tertarik untuk bekerja di PT. Sejahtera Abadi karena perusahaan ini memiliki visi dan misi yang sejalan dengan nilai-nilai yang saya anut. Selain itu, saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman kerja saya dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya dalam jangka waktu yang panjang.

5. Penutup

Bagian terakhir adalah penutup. Kamu harus menuliskan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan harapanmu untuk dapat bergabung dengan perusahaan tersebut.

Contoh:

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Saya berharap dapat bergabung dengan PT. Sejahtera Abadi dan dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan. Terima kasih.

Itulah bagian-bagian penting dalam surat lamaran pekerjaan yang harus kamu perhatikan. Pastikan kamu menulis dengan jelas dan lengkap agar perusahaan tertarik menerima lamaranmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di tahun 2023.

Sumber: https://www.unsuri.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *