Atur Halaman Skripsi

Atur Halaman Skripsi
Gambar Cover Skripsi Ui Galeri Sampul

Atur Halaman Skripsi

Pendahuluan

Menulis skripsi atau tugas akhir adalah tugas yang harus dilakukan oleh mahasiswa pada akhir masa studi. Salah satu bagian penting dalam skripsi adalah atur halaman skripsi. Halaman skripsi yang teratur akan memudahkan pembaca dalam membaca, menemukan, dan memahami informasi yang terdapat dalam skripsi. Pada artikel ini, akan dibahas cara atur halaman skripsi yang baik dan benar.

Format Halaman

Sebelum atur halaman skripsi, pastikan format halaman telah sesuai dengan ketentuan dari perguruan tinggi atau fakultas. Biasanya format halaman skripsi terdiri dari margin, jenis font, ukuran font, spasi, dan nomor halaman. Pastikan format halaman yang digunakan konsisten dan mudah dibaca.

Atur Halaman Skripsi

Judul Halaman

Judul halaman pada skripsi harus jelas dan sesuai dengan isi dari halaman tersebut. Judul halaman biasanya terdiri dari nomor halaman dan judul dari isi halaman. Pastikan judul halaman terletak di tengah dan menggunakan huruf kapital.

Daftar Isi

Daftar isi adalah bagian penting dalam atur halaman skripsi. Daftar isi berisi daftar halaman dan judul dari setiap bab atau bagian dalam skripsi. Daftar isi harus terletak di halaman depan dan menggunakan nomor halaman yang sesuai. Pastikan daftar isi teratur dan mudah dibaca.

Bab

Pembukaan

Bab pembukaan biasanya terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan ruang lingkup penelitian. Pastikan bab pembukaan mudah dipahami dan menggambarkan secara jelas tentang apa yang akan dibahas dalam skripsi.

Isi

Bab isi adalah bagian utama dari skripsi. Bab ini berisi penjelasan tentang hasil penelitian dan analisis data. Bab isi harus terstruktur dengan baik dan mudah dibaca. Pastikan setiap bab menggunakan nomor halaman yang sesuai dan terdapat subbab yang teratur.

Baca juga :  Bagaimana Cara Menentukan Judul Skripsi

Penutup

Bab penutup biasanya terdiri dari kesimpulan, saran, dan daftar pustaka. Kesimpulan harus menggambarkan secara jelas tentang hasil penelitian dan menjawab rumusan masalah. Saran harus berisi rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. Daftar pustaka harus terdiri dari sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian.

Nomor Halaman

Pastikan nomor halaman terletak di sudut kanan bawah dan menggunakan nomor romawi untuk halaman awal (daftar isi, bab pembukaan, dan ringkasan) dan nomor arab untuk halaman utama (bab isi dan penutup).

Ringkasan

Ringkasan adalah bagian terakhir dalam atur halaman skripsi. Ringkasan berisi tentang kesimpulan dari skripsi dan saran untuk penelitian selanjutnya. Ringkasan harus terletak di halaman terakhir dan menggunakan nomor halaman romawi.

Kesimpulan

Atur halaman skripsi dengan baik dan benar akan memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang terdapat dalam skripsi. Pastikan atur halaman skripsi sesuai dengan format yang telah ditetapkan dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk memperhatikan detail-detail kecil seperti nomor halaman dan judul halaman. Dengan atur halaman skripsi yang baik dan benar, skripsi Anda akan lebih profesional dan mudah dipahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *