Benarkah Lamaran Kerja Harus Pakai Materai Di Tahun 2023?

Benarkah Lamaran Kerja Harus Pakai Materai Di Tahun 2023?
Detail Surat Lamaran Kerja Pakai Materai Atau Tidak Koleksi Nomer 26

Apakah Lamaran Kerja Pakai Materai?

Peraturan Lamaran Kerja di Indonesia

Lamaran kerja merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh para pelamar kerja untuk mendapatkan kesempatan wawancara dan seleksi lanjutan. Dalam proses melamar pekerjaan, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti surat lamaran, daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, dan ijazah. Namun, apakah benar lamaran kerja harus menggunakan materai?

Peraturan Mengenai Materai di Indonesia

Materai merupakan tanda bukti pembayaran pajak yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Namun, selain untuk keperluan tersebut, materai juga bisa digunakan sebagai tanda tangan pada dokumen penting, seperti perjanjian, surat kuasa, dan akta notaris.

Namun, apakah materai wajib digunakan pada lamaran kerja? Tidak ada aturan yang secara tegas mengharuskan penggunaan materai pada lamaran kerja. Hal ini dapat dikonfirmasi dengan cara mengecek peraturan perundang-undangan di Indonesia, seperti UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 12 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pendaftaran Pencari Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja di Luar Negeri.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Materai pada Lamaran Kerja

Walaupun tidak diwajibkan, beberapa perusahaan seringkali menyarankan untuk menggunakan materai pada lamaran kerja. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan keseriusan pelamar kerja dalam melamar pekerjaan, serta untuk memberikan kesan profesional dan meyakinkan perusahaan bahwa pelamar kerja memang layak dipertimbangkan.

Namun, terdapat juga kerugian dalam penggunaan materai pada lamaran kerja. Selain biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli materai, penggunaan materai pada lamaran kerja juga membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Selain itu, jika terdapat kesalahan pada lamaran kerja yang telah ditandatangani dengan materai, maka perbaikannya juga memerlukan proses yang lebih rumit.

Baca juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja Di Klinik Yang Menarik Perhatian Hrd

Kesimpulan

Secara umum, tidak ada aturan yang mengharuskan penggunaan materai pada lamaran kerja. Namun, beberapa perusahaan mungkin menyarankan untuk menggunakan materai untuk menunjukkan keseriusan pelamar kerja. Meskipun demikian, penggunaan materai pada lamaran kerja memiliki keuntungan dan kerugian yang perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Benarkah Lamaran Kerja Harus Pakai Materai Di Tahun 2023?

Sumber gambar: google.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *