Apa Perbedaan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi?

Apa Perbedaan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi?
Cara Menulis Daftar Pustaka Untuk Skripsi Tesis Dan Disertasi Suara

Apa Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi?

Tujuan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Skripsi, tesis, dan disertasi merupakan jenis karya ilmiah yang umumnya ditulis oleh mahasiswa universitas sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana, magister, atau doktor. Meskipun ketiganya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian, namun terdapat perbedaan dalam lingkup dan kedalaman penelitian yang dilakukan.

Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa sarjana sebagai tugas akhir studi. Tujuan skripsi adalah untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian dengan lingkup yang terbatas dan sesuai dengan bidang studi yang dipilih. Skripsi biasanya memiliki panjang sekitar 50-100 halaman dan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.

Tesis merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa magister sebagai tugas akhir studi. Tujuan tesis adalah untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian dengan lingkup yang lebih luas dan dalam bidang studi yang lebih spesifik. Tesis biasanya memiliki panjang sekitar 80-150 halaman dan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.

Disertasi merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa doktor sebagai syarat untuk memperoleh gelar doktor. Tujuan disertasi adalah untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian dengan kedalaman yang lebih mendalam dan dalam bidang studi yang lebih kompleks. Disertasi biasanya memiliki panjang sekitar 200-300 halaman dan dibimbing oleh seorang profesor atau pakar dalam bidang studi yang dipilih.

Perbedaan Lingkup Penelitian

Perbedaan utama antara skripsi, tesis, dan disertasi terletak pada lingkup penelitian yang dilakukan. Skripsi umumnya memiliki lingkup penelitian yang terbatas dan sesuai dengan bidang studi mahasiswa, sedangkan tesis memiliki lingkup penelitian yang lebih luas dan spesifik, serta disertasi memiliki lingkup penelitian yang lebih kompleks dan mendalam.

Baca juga :  Thesis Adalah Skripsi

Contoh perbedaan lingkup penelitian antara skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilihat dari topik penelitian yang dipilih. Skripsi dalam bidang studi ilmu komunikasi dapat mengambil topik penelitian tentang analisis media sosial dalam kampanye politik di Indonesia. Tesis dalam bidang studi ilmu politik dapat mengambil topik penelitian tentang analisis hubungan internasional antara Indonesia dan negara-negara ASEAN. Sedangkan disertasi dalam bidang studi ilmu ekonomi dapat mengambil topik penelitian tentang analisis dampak kebijakan moneter terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Tingkat Kedalaman Penelitian

Selain perbedaan dalam lingkup penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi juga memiliki perbedaan dalam tingkat kedalaman penelitian yang dilakukan. Skripsi umumnya memiliki tingkat kedalaman penelitian yang lebih rendah dibandingkan tesis dan disertasi.

Contoh perbedaan tingkat kedalaman penelitian antara skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilihat dari metode penelitian yang digunakan. Skripsi umumnya menggunakan metode penelitian deskriptif atau eksploratif, sedangkan tesis dan disertasi umumnya menggunakan metode penelitian analitis atau kausalitas.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan perbedaan antara skripsi, tesis, dan disertasi serta tujuan dari ketiga jenis karya ilmiah tersebut. Skripsi umumnya memiliki lingkup penelitian yang terbatas dan tingkat kedalaman penelitian yang lebih rendah dibandingkan tesis dan disertasi. Tesis memiliki lingkup penelitian yang lebih luas dan spesifik, serta tingkat kedalaman penelitian yang lebih tinggi dibandingkan skripsi. Sedangkan disertasi memiliki lingkup penelitian yang lebih kompleks dan mendalam, serta tingkat kedalaman penelitian yang paling tinggi dibandingkan skripsi dan tesis.

Untuk menulis skripsi, tesis, atau disertasi yang baik, dibutuhkan kemampuan dalam melakukan penelitian, analisis, dan sintesis informasi. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan dalam merumuskan pertanyaan penelitian yang relevan, menyusun kerangka teoritis yang tepat, serta memilih metode penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Baca juga :  Contoh Proposal Skripsi Hukum Pidana Pencurian

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=skripsi+tesis+disertasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *