Apa Perbedaan Skripsi Dan Tesis?

Apa Perbedaan Skripsi Dan Tesis?
Perbedaan Proposal Dan Skripsi

Apa Perbedaan Skripsi dan Tesis?

Bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah skripsi dan tesis. Kedua jenis karya tulis ilmiah ini merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana atau pascasarjana. Namun, apakah kalian tahu apa perbedaan antara skripsi dan tesis? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Definisi Skripsi dan Tesis

Skripsi dan tesis merupakan jenis karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai tugas akhir. Skripsi biasanya dikerjakan oleh mahasiswa program sarjana, sedangkan tesis dikerjakan oleh mahasiswa program pascasarjana. Kedua jenis karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari selama kuliah atau studi.

2. Lingkup Materi

Perbedaan yang paling mendasar antara skripsi dan tesis terletak pada lingkup materi yang dibahas. Skripsi biasanya lebih sempit dan fokus pada topik yang terkait dengan bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa. Sedangkan tesis memiliki lingkup materi yang lebih luas dan seringkali mencakup beberapa disiplin ilmu yang terkait.

Apa Perbedaan Skripsi Dan Tesis?

3. Tujuan

Tujuan dari skripsi dan tesis juga berbeda. Skripsi bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari dalam satu bidang ilmu tertentu. Sedangkan tesis bertujuan untuk menghasilkan kontribusi baru dalam bidang ilmu yang dipelajari.

4. Bimbingan

Proses bimbingan juga berbeda antara skripsi dan tesis. Mahasiswa skripsi biasanya hanya dibimbing oleh satu dosen pembimbing, sedangkan mahasiswa tesis dibimbing oleh beberapa dosen pembimbing yang memiliki keahlian dan bidang ilmu yang berbeda-beda.

Baca juga :  Cara Buat Skripsi

5. Waktu Penyelesaian

Waktu penyelesaian skripsi dan tesis juga berbeda. Skripsi biasanya dikerjakan dalam waktu satu semester atau satu tahun, sedangkan tesis memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu antara satu hingga tiga tahun.

6. Jumlah Halaman

Selain itu, jumlah halaman skripsi dan tesis juga berbeda. Skripsi biasanya memiliki jumlah halaman yang lebih sedikit dibandingkan dengan tesis. Rata-rata skripsi memiliki jumlah halaman antara 50-100 halaman, sedangkan tesis memiliki jumlah halaman antara 100-200 halaman.

7. Sumber Referensi

Sumber referensi yang digunakan dalam skripsi dan tesis juga berbeda. Skripsi biasanya menggunakan sumber referensi yang lebih umum dan mudah ditemukan, seperti buku dan jurnal. Sedangkan tesis menggunakan sumber referensi yang lebih khusus dan cenderung sulit ditemukan, seperti tesis dan disertasi dari peneliti lain.

8. Nilai

Nilai yang diberikan untuk skripsi dan tesis juga berbeda. Skripsi biasanya dinilai berdasarkan kualitas penulisan dan presentasi, sedangkan tesis dinilai berdasarkan kontribusi baru yang dihasilkan dalam bidang ilmu yang dipelajari.

9. Publikasi

Tesis seringkali memiliki nilai lebih dalam hal publikasi. Karena tesis bertujuan untuk menghasilkan kontribusi baru dalam bidang ilmu yang dipelajari, maka tesis yang berkualitas cenderung lebih mudah dipublikasikan di jurnal ilmiah atau diseminarkan dalam konferensi ilmiah.

10. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa skripsi dan tesis memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal lingkup materi, tujuan, bimbingan, waktu penyelesaian, jumlah halaman, sumber referensi, nilai, dan publikasi. Namun, kedua jenis karya tulis ilmiah ini memiliki satu kesamaan, yaitu sebagai tugas akhir yang harus dikerjakan oleh mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana atau pascasarjana.

Sumber:

https://www.unsuri.id/?s=skripsi+vs+tesis

Baca juga :  Skripsi Berapa Lembar Di Tahun 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *