10 Cara Pembagian Cepat Yang Efektif Dan Mudah Dipahami

10 Cara Pembagian Cepat Yang Efektif Dan Mudah Dipahami

Pembagian merupakan salah satu operasi matematika dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua orang merasa nyaman dengan proses pembagian yang terkadang memakan waktu dan rumit.

Untuk membantu Anda melakukan pembagian dengan cepat dan efektif, berikut ini adalah 10 cara pembagian cepat yang bisa Anda terapkan:

1. Pembagian dengan Membalik

Pertama, Anda dapat menggunakan metode pembagian dengan cara membalik angka yang akan dibagi dan angka pembagi. Misalnya, jika Anda ingin membagi 4 dengan 2, Anda dapat membalik angka tersebut menjadi 2 dibagi 4. Hasilnya tetap sama yaitu 2.

2. Pembagian dengan Menggandakan

Metode kedua adalah dengan menggandakan angka pembagi secara berulang hingga mendekati angka yang akan dibagi. Misalnya, jika Anda ingin membagi 24 dengan 6, Anda dapat menggandakan angka 6 menjadi 12, 18, dan 24. Setelah itu, Anda dapat menjumlahkan berapa kali Anda menggandakan angka 6 tersebut, yaitu 4. Jadi, hasil pembagiannya adalah 4.

3. Pembagian dengan Menyederhanakan

Jika Anda ingin membagi angka yang memiliki faktor yang sama, Anda dapat menyederhanakan pembagian tersebut. Misalnya, jika Anda ingin membagi 36 dengan 12, Anda dapat menyederhanakan angka tersebut menjadi 3 dibagi 1. Hasilnya tetap sama yaitu 3.

4. Pembagian dengan Penjumlahan

Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan penjumlahan. Misalnya, jika Anda ingin membagi 15 dengan 3, Anda dapat menambahkan angka 3 secara berulang hingga mencapai atau mendekati angka 15. Jumlah berapa kali Anda menambahkan angka 3 tersebut adalah hasil pembagiannya, yaitu 5.

Baca juga :  Cara Barcode Wifi: Panduan Lengkap Menggunakan Barcode Untuk Menghubungkan Wifi

5. Pembagian dengan Membagi Satu Digit

Jika Anda ingin membagi angka yang hanya memiliki satu digit, Anda dapat mengingat tabel perkalian. Misalnya, jika Anda ingin membagi 9 dengan 3, Anda dapat mengingat bahwa 3 kali 3 adalah 9. Jadi, hasil pembagiannya adalah 3.

6. Pembagian dengan Angka 5

Angka 5 memiliki sifat khusus dalam pembagian. Jika Anda ingin membagi angka dengan 5, Anda dapat mengalikan angka tersebut dengan 2 dan memindahkan koma satu digit ke kanan. Misalnya, jika Anda ingin membagi 35 dengan 5, Anda dapat mengalikan 35 dengan 2 dan memindahkan koma satu digit ke kanan, sehingga hasil pembagiannya adalah 7.

7. Pembagian dengan Angka 9

Angka 9 juga memiliki sifat khusus dalam pembagian. Jika Anda ingin membagi angka dengan 9, Anda dapat mengalikan angka tersebut dengan 1 dan memindahkan koma satu digit ke kiri. Misalnya, jika Anda ingin membagi 54 dengan 9, Anda dapat mengalikan 54 dengan 1 dan memindahkan koma satu digit ke kiri, sehingga hasil pembagiannya adalah 6.

8. Pembagian dengan Angka 11

Jika Anda ingin membagi angka dengan 11, Anda dapat menggunakan metode alternatif. Misalnya, jika Anda ingin membagi 88 dengan 11, Anda dapat menjumlahkan angka pertama dan ketiga, yaitu 8 + 8 = 16. Hasil pembagiannya adalah 16.

9. Pembagian dengan Angka 12

Angka 12 juga memiliki sifat khusus dalam pembagian. Jika Anda ingin membagi angka dengan 12, Anda dapat membaginya dengan 10 dan menambahkan sisa bagiannya dengan hasil pembagian antara 10 dan angka tersebut. Misalnya, jika Anda ingin membagi 72 dengan 12, Anda dapat membagi 72 dengan 10, yaitu 7. Kemudian, Anda dapat menambahkan sisa bagiannya, yaitu 2, dengan hasil pembagian antara 10 dan 72, yaitu 7. Jadi, hasil pembagiannya adalah 7 + 2 = 9.

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Komentar Di Youtube

10. Pembagian dengan Angka 25

Terakhir, jika Anda ingin membagi angka dengan 25, Anda dapat mengalikan angka tersebut dengan 4 dan memindahkan koma dua digit ke kanan. Misalnya, jika Anda ingin membagi 375 dengan 25, Anda dapat mengalikan 375 dengan 4 dan memindahkan koma dua digit ke kanan, sehingga hasil pembagiannya adalah 15.

FAQ:

  • Q: Apakah semua metode pembagian cepat berlaku untuk semua angka?
  • A: Tidak, beberapa metode hanya berlaku untuk angka tertentu seperti angka 5, 9, 11, 12, dan 25.
  • Q: Apakah metode pembagian cepat selalu menghasilkan jawaban yang benar?
  • A: Ya, metode pembagian cepat yang disebutkan di atas dapat menghasilkan jawaban yang benar jika diterapkan dengan benar.
  • Q: Apakah saya perlu menghafal semua metode pembagian cepat?
  • A: Tidak, Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dan nyaman bagi Anda.

Dengan menggunakan 10 cara pembagian cepat di atas, Anda dapat melakukan perhitungan matematika dengan lebih cepat dan efektif. Selain itu, Anda juga dapat menghemat waktu dan energi dalam proses pembagian. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan pembagian dengan lebih mudah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *