10 Cara Menggunakan Kondom Yang Benar Dan Aman

10 Cara Menggunakan Kondom Yang Benar Dan Aman

10 Cara Menggunakan Kondom yang Benar dan Aman

Kondom

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling efektif dalam mencegah penularan penyakit menular seksual (PMS) dan kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara yang benar dalam menggunakan kondom. Pada artikel ini, kami akan membahas 10 cara menggunakan kondom yang benar dan aman.

1. Periksa Kemasan Kondom

Sebelum menggunakan kondom, pastikan Anda memeriksa kemasannya terlebih dahulu. Pastikan tanggal kadaluwarsa kondom masih berlaku dan kemasannya tidak rusak. Jika ada kerusakan pada kemasan, sebaiknya jangan digunakan karena kondom tersebut mungkin telah rusak dan tidak efektif dalam mencegah penularan penyakit dan kehamilan.

2. Buka Kemasan dengan Hati-hati

Setelah memastikan kemasan kondom dalam kondisi baik, buka kemasannya dengan hati-hati. Jangan menggunakan benda tajam seperti gunting atau pisau untuk membuka kemasan, karena dapat merusak kondom. Gunakan tangan Anda untuk membuka kemasan dengan lembut agar kondom tidak tergores atau robek.

Baca juga :  Cara Membuat Rumah Dari Kardus

3. Periksa Arah Kondom

Saat akan memasang kondom, periksa arah kondom terlebih dahulu. Pastikan Anda memasang kondom dengan arah yang benar. Biasanya, kondom memiliki ujung yang lebih lebar yang harus diletakkan pada ujung penis. Jika Anda memasang kondom dengan arah yang salah, kondom mungkin tidak bekerja dengan efektif.

4. Pastikan Penis dalam Keadaan Ereksi

Sebelum memasang kondom, pastikan penis Anda dalam keadaan ereksi. Kondom lebih mudah dipasang pada penis yang ereksi, dan juga dapat mencegah kondom melorot saat berhubungan seks. Jika penis tidak ereksi, cobalah untuk merangsangnya terlebih dahulu sebelum memasang kondom.

5. Tempatkan Kondom di Ujung Penis

Setelah penis dalam keadaan ereksi, tempatkan kondom di ujung penis. Pegang ujung kondom yang longgar dan tekan ujungnya agar udara keluar. Kemudian, dengan tangan yang satu, gulung kondom ke arah kepala penis sambil memegang ujung kondom yang longgar dengan tangan yang lain.

6. Gulung Kondom ke Seluruh Permukaan Penis

Setelah kondom diletakkan di ujung penis, gulung kondom ke seluruh permukaan penis dengan hati-hati. Pastikan kondom tidak terlipat atau terjepit saat digulung. Jika kondom terlipat atau terjepit, Anda perlu menggulungnya kembali dari awal.

7. Perhatikan Lubang Kondom

Saat menggulung kondom ke seluruh permukaan penis, pastikan tidak ada udara yang terperangkap di dalam kondom. Perhatikan lubang kondom dan pastikan kondom menempel dengan rapat pada penis. Jika ada udara yang terperangkap di dalam kondom, tekan ujung kondom yang longgar dan dorong udara keluar melalui lubang kondom.

8. Hindari Penggunaan Bahan Pelumas Berbasis Minyak

Saat akan menggunakan kondom, hindari penggunaan bahan pelumas berbasis minyak seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Bahan pelumas berbasis minyak dapat merusak kondom dan membuatnya lebih mudah robek. Sebaiknya gunakan pelumas berbasis air yang aman untuk digunakan bersama kondom.

Baca juga :  10 Cara Memperagakan Kebugaran Jasmani Yang Perlu Anda Ketahui

9. Jangan Gunakan Kondom Lebih dari Sekali

Setelah selesai berhubungan seks, jangan gunakan kondom yang sama lagi. Kondom hanya efektif dalam satu kali penggunaan. Jika Anda ingin berhubungan seks lagi, gunakan kondom yang baru. Jangan lupa untuk membuang kondom yang telah digunakan dengan benar setelah digunakan.

10. Simpan Kondom dengan Baik

Terakhir, simpan kondom dengan baik setelah digunakan. Jangan menyimpan kondom di tempat yang panas atau lembap, karena dapat merusak kondom. Simpan kondom di tempat yang kering dan sejuk, seperti dalam kotak atau laci. Pastikan kondom tidak terkena sinar matahari langsung.

FAQ tentang Penggunaan Kondom

  • Apakah kondom dapat mencegah penularan penyakit menular seksual?

    Ya, kondom dapat mencegah penularan penyakit menular seksual jika digunakan dengan benar dan konsisten.

  • Apakah kondom dapat mencegah kehamilan?

    Ya, kondom dapat mencegah kehamilan jika digunakan dengan benar dan konsisten.

  • Berapa lama kondom bisa digunakan?

    Kondom hanya efektif dalam satu kali penggunaan. Jangan gunakan kondom yang sama lebih dari sekali.

  • Apa yang harus dilakukan jika kondom robek?

    Jika kondom robek saat berhubungan seks, segera ganti dengan kondom yang baru.

  • Bisakah kondom digunakan bersamaan dengan metode kontrasepsi lain?

    Ya, kondom dapat digunakan bersamaan dengan metode kontrasepsi lain, seperti pil KB atau IUD, untuk meningkatkan tingkat perlindungan.

Dengan mengikuti 10 cara menggunakan kondom yang benar dan aman di atas, Anda dapat melindungi diri dari penularan penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan. Selalu ingat untuk menggunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks untuk menjaga kesehatan dan keselamatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *