10 Cara Membuat Celengan Unik Yang Kreatif | Blog Tutorial

10 Cara Membuat Celengan Unik Yang Kreatif | Blog Tutorial

Memiliki celengan adalah salah satu cara yang baik untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menabung. Namun, mengapa tidak mencoba membuat celengan yang lebih unik dan menarik? Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 cara membuat celengan unik yang dapat Anda coba sendiri. Dari celengan hewan lucu hingga celengan dari bahan daur ulang, pasti ada celengan yang sesuai dengan selera Anda. Mari kita mulai!

1. Celengan Berbentuk Hewan Lucu

Celengan Berbentuk Hewan Lucu

Buatlah celengan dengan memanfaatkan kertas karton atau bahan lain yang mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk hewan lucu seperti babi, kelinci, atau kucing. Anda dapat melukis atau menambahkan hiasan lain untuk membuatnya lebih menarik.

2. Celengan Dari Botol Plastik Bekas

Celengan Dari Botol Plastik Bekas

Jangan buang botol plastik bekas, Anda bisa mengubahnya menjadi celengan yang unik. Cukup gunting bagian atas botol, beri hiasan seperti kertas warna-warni, dan buatlah lubang kecil sebagai tempat memasukkan uang koin.

3. Celengan Transparan Dengan Jarum Pengunci

Celengan Transparan Dengan Jarum Pengunci

Ambil botol plastik bening dan gunakan jarum pengunci untuk membuat lubang di tengahnya. Kemudian, masukkan uang koin melalui lubang tersebut. Dengan menggunakan botol plastik bening, Anda dapat melihat jumlah uang yang telah Anda tabung.

Baca juga :  Kode Vb 10: Cara Mengatur Default Combobox

4. Celengan Dari Toples Kaca

Celengan Dari Toples Kaca

Toples kaca yang tidak terpakai dapat diubah menjadi celengan yang cantik. Beri hiasan pada bagian luar toples, seperti kertas warna-warni atau stiker, dan buatlah lubang kecil di tutupnya. Celengan dari toples kaca ini juga bisa menjadi dekorasi yang menarik di rumah.

5. Celengan Dari Kotak Kayu

Celengan Dari Kotak Kayu

Jika Anda memiliki kotak kayu bekas, Anda bisa mengubahnya menjadi celengan yang unik. Beri hiasan pada bagian luar kotak, seperti cat atau kertas warna-warni, dan buatlah lubang kecil di salah satu sisi kotak sebagai tempat memasukkan uang koin.

6. Celengan Dari Botol Kaca Bekas

Celengan Dari Botol Kaca Bekas

Jika Anda memiliki botol kaca bekas, jangan langsung membuangnya. Cukup bersihkan botol tersebut dan buatlah lubang kecil di tutupnya. Anda bisa melukis atau memberi hiasan lain pada botol kaca sebagai tambahan.

7. Celengan Dari Kardus Bekas

Celengan Dari Kardus Bekas

Kardus bekas juga dapat diubah menjadi celengan yang unik. Gunakan kardus bekas yang masih kuat dan potonglah sesuai dengan bentuk celengan yang Anda inginkan. Beri hiasan pada bagian luar kardus dan buatlah lubang kecil sebagai tempat memasukkan uang koin.

8. Celengan Dengan Kunci Rahasia

Celengan Dengan Kunci Rahasia

Buatlah celengan dengan menggunakan kotak kecil yang dilengkapi dengan kunci. Kunci tersebut akan memberikan kesan rahasia dan menarik bagi siapa pun yang ingin membuka celengan. Jika Anda ingin mengambil uang yang sudah ditabung, Anda harus mencari kunci terlebih dahulu.

9. Celengan Dari Balon

Celengan Dari Balon

Jika Anda ingin membuat celengan yang lebih unik, coba buatlah celengan dari balon. Cukup masukkan uang koin melalui lubang pada balon yang sudah ditiup. Pastikan balon tidak bocor agar uang koin tetap aman di dalamnya.

Baca juga :  10 Cara Mengutip Tidak Langsung Menurut Para Ahli

10. Celengan Dari Kain Perca

Celengan Dari Kain Perca

Gunakan kain perca yang tidak terpakai untuk membuat celengan yang unik. Potonglah kain perca sesuai dengan bentuk celengan yang Anda inginkan, lalu jahitlah bagian-bagiannya. Anda juga bisa menambahkan hiasan seperti kancing atau pita untuk membuatnya lebih menarik.

FAQ

  • Apa manfaat memiliki celengan?

    Membuat celengan memiliki manfaat yang baik untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menabung dan mengelola keuangan.

  • Dapatkah celengan dibuat dari bahan daur ulang?

    Tentu saja! Anda dapat menggunakan bahan daur ulang seperti botol plastik, kardus bekas, atau toples kaca untuk membuat celengan yang unik.

  • Bagaimana cara membuat celengan yang transparan?

    Anda dapat menggunakan botol plastik bening atau toples kaca sebagai bahan dasar celengan transparan. Cukup buatlah lubang kecil sebagai tempat memasukkan uang koin, dan Anda dapat melihat jumlah uang yang telah Anda tabung.

  • Apa saja bentuk celengan yang bisa dibuat?

    Anda dapat membuat celengan dengan berbagai bentuk, seperti hewan lucu, kotak kayu, botol kaca, atau balon. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan selera Anda.

  • Berapa banyak uang yang bisa ditabung dalam celengan?

    Jumlah uang yang dapat ditabung dalam celengan tergantung pada ukuran dan kapasitas celengan itu sendiri. Anda dapat menabung se

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *