10 Cara Efektif Untuk Membersihkan Sumbatan Drain

10 Cara Efektif Untuk Membersihkan Sumbatan Drain

Saluran pembuangan yang tersumbat bisa menjadi masalah yang menjengkelkan di rumah. Tidak hanya menyebabkan bau tak sedap, sumbatan drain juga dapat menyebabkan air menggenang dan bahkan meluap ke lantai. Untungnya, ada beberapa cara efektif yang dapat Anda coba untuk membersihkan sumbatan drain tanpa harus memanggil tukang ledeng. Berikut ini adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan Alat Penyedot

Alat Penyedot Sumbatan Drain

Jika sumbatan di saluran pembuangan masih cukup ringan, Anda dapat menggunakan alat penyedot untuk mengatasi masalah ini. Alat penyedot ini biasanya tersedia di toko peralatan rumah tangga. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan ujung alat ke dalam saluran pembuangan dan mengayunkannya bolak-balik untuk mengeluarkan sumbatan.

2. Gunakan Cairan Pembuka Saluran

Cairan Pembuka Saluran

Jika sumbatan di saluran pembuangan lebih parah, Anda bisa mencoba menggunakan cairan pembuka saluran. Cairan ini akan melarutkan sumbatan yang terbentuk di dalam saluran pembuangan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cairan ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

3. Gunakan Baking Soda dan Cuka

Baking Soda dan Cuka

Baking soda dan cuka merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan sumbatan drain. Campurkan 1/2 cangkir baking soda dengan 1/2 cangkir cuka dalam saluran pembuangan, tutup rapat, dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, tuangkan air panas untuk membilas saluran. Baking soda dan cuka akan bereaksi dan membantu melarutkan sumbatan yang ada di dalam saluran.

Baca juga :  Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hp Xiaomi

4. Gunakan Kabel Penyedot

Kabel Penyedot Sumbatan Drain

Jika sumbatan di saluran pembuangan terlalu keras atau terlalu dalam, Anda bisa menggunakan kabel penyedot untuk mengatasinya. Kabel ini biasanya memiliki ujung yang tajam dan fleksibel, sehingga dapat masuk ke dalam saluran dengan mudah. Masukkan ujung kabel ke dalam saluran dan putar-putar kabel sambil mendorongnya ke dalam saluran untuk melonggarkan dan mengeluarkan sumbatan.

5. Gunakan Campuran Garam dan Air Panas

Campuran Garam dan Air Panas

Campuran garam dan air panas juga dapat membantu membersihkan sumbatan drain. Larutkan beberapa sendok makan garam dalam air panas, kemudian tuangkan campuran ini ke dalam saluran pembuangan. Biarkan selama beberapa menit, kemudian tuangkan air panas untuk membilas saluran. Garam dan air panas akan membantu melarutkan dan menghilangkan sumbatan yang ada di dalam saluran.

6. Gunakan Alat Pembersih Saluran Air Bertekanan

Alat Pembersih Saluran Air Bertekanan

Jika sumbatan di saluran pembuangan terlalu sulit untuk diatasi dengan cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan alat pembersih saluran air bertekanan. Alat ini biasanya tersedia di toko-toko peralatan rumah tangga. Dengan menggunakan tekanan air yang tinggi, alat ini dapat membersihkan sumbatan yang ada di dalam saluran dengan efektif.

7. Gunakan Plunger

Plunger

Plunger atau embun penyedot adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk membersihkan sumbatan drain. Caranya cukup mudah, cukup tempelkan plunger ke lubang saluran pembuangan dan lakukan gerakan naik-turun dengan cepat dan kuat. Tekanan yang dihasilkan oleh gerakan plunger dapat membantu melonggarkan dan mengeluarkan sumbatan.

8. Gunakan Campuran Soda Kue dan Air Panas

Campuran Soda Kue dan Air Panas

Campuran soda kue dan air panas juga dapat menjadi solusi untuk membersihkan sumbatan drain. Campurkan beberapa sendok teh soda kue dengan air panas, kemudian tuangkan campuran ini ke dalam saluran pembuangan. Biarkan selama beberapa menit, kemudian tuangkan air panas untuk membilas saluran. Soda kue akan membantu melarutkan dan menghilangkan sumbatan yang ada di dalam saluran.

Baca juga :  Cara Menyapih Anak Dengan Mudah Dan Aman

9. Gunakan Alat Penghisap

Alat Penghisap Sumbatan Drain

Alat penghisap juga bisa digunakan untuk membersihkan sumbatan drain. Caranya cukup sederhana, cukup tempelkan alat penghisap ke lubang saluran pembuangan dan lakukan gerakan naik-turun dengan kuat. Tekanan yang dihasilkan oleh alat penghisap akan membantu mengeluarkan sumbatan dari saluran.

10. Panggil Tukang Ledeng Profesional

Jika semua cara di atas belum berhasil membersihkan sumbatan drain, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memanggil tukang ledeng profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk mengatasi sumbatan drain yang sulit diatasi.

FAQ:

  • Q: Apakah semua sumbatan drain bisa diatasi dengan cara-cara di atas?
    A: Tergantung tingkat keparahan sumbatan dan alat yang Anda gunakan. Jika sumbatan terlalu keras atau terlalu dalam, mungkin diperlukan bantuan tukang ledeng profesional.
  • Q: Apakah penggunaan cairan pembuka saluran aman?
    A: Cairan pembuka saluran sebaiknya digunakan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk peng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *